Buku Astri Novia Tembus Pembaca Eropa

Astri Novia kini tengah bahagia, sebab buku yang ditulisnya tentang sepakbola, "El Llibre Del Barca" tengah dilirik oleh kedutaan Spanyol. Waktu Klik Soreang tanya, kok bisa sih buku sepakbola menembus kedutaan Spanyol? Ibu dari Hakeen ini menjawab, "Buku itu satu-satunnya buku yang mengupas cukup lengkap mengenai Barca (club sepakbola asal Spanyol; Barcelona-red). Banyak yang membeli sampai pihak kedutaan kaget ternyata yang menulisnya seorang perempuan dan orang Indonesia hehe..."

Buku Astri Novia Tembus Pembaca Eropa

"Saya efektif terjun ke dunia tulis menulis sejak 2008. Awalnya, saya ditawari oleh sebuah penerbit untuk menulis buku secara profesional dengan buku pertama tentang permainan di Facebook. Waktu itu, saya merasa kaget, ternyata menulis itu enggak gampang! Namanya juga pemula."
Buku Astri Novia Tembus Pembaca Eropa

Baginya, menulis buku tidak sama dengan menulis buku diary, perlu beberapa pembekalan yang menunjang keberhasilan dalam mewujudkannya. Beberapa bekal dalam membuat buku yang menurut Astri penting antara lain; kesabaran, semangat, komitmen, curiousity, dan stamina.

Sejak saat itu, salah satu pendiri komunitas pecinta fans club Barcelona di Indonesia ini rajin dengan terus melahirkan buku demi buku. Saat ini sudah ada sekitar 30 buku dengan judul yang berbeda yang telah diterbitkan oleh Astri Novia.

Buku Astri Novia Tembus Pembaca Eropa

Rupanya, kemampuan menulis koordinator Barcelonista Indobarca Chapter Bandung ini sudah kelihatan sejak kecil. Menurut pengakuannya, Asrti mengatakan, "Saya udah senang menulis sejak SD. Kamar saya penuh oleh buku dan majalah dan saya tidak begitu sering main ke luar, paling main basket atau ke perpustakaan sampai semua buku di sana habis saya pinjam. Belajar menulis buku tahun 2008 ditawari oleh Indari Mastuti yang notabene sepupu saya dan beliau (Indari Mastuti-red) sedang mengembangkan agensi saskahnya. Akhirnya, ditawarkan kepada saya, dan saya mengiyakan sambil belajar di tengah prosesnya. Belajar cara membuat outline yang baik, banyak membaca tentang menulis, belajar dari mereka yang lebih senior ya ... Begitulah..."

Saat diberitahu Klik Soreang bahwa ada banyak penggiat baik penulis dan pembaca buku dengan adanya Taman Baca Masyarakat di Soreang, penulis buku Wonder Kid ini senang dan berpesan, "TBM sebaiknya terus melakukan eksplorasi gairah membaca. Pasalnya, dengan banyak membaca orang akan menggali lebih dalam saat menginterpretasikan tulisan dan suatu saat nanti akan muncul gairah baru untuk menulis".

Tahukah Anda? Di Indonesia masih jarang ada penulis perempuan yang fokus di-genre sepakbola. Astri Novia adalah salah seorang yang mengisi kekosongan penulis buku tentang sepakbola. Keberhasilan Astri dalam menulis seputar sepakbola adalah saat mengupas tentang klub Barcelona, El Llibre Del Barca.

Menulis dan sepakbola telah membawa keberkahan bagi Astri Novia. Pembaca ... Menarik, bukan? Dari hobi membaca dan memiliki rasa keingintahuan yang besar (curiousity) bisa membawa seseorang menuju pintu gerbang keberhasilan. Semoga ke depan akan banyak penulis-penulis perempuan hebat seperti Astri Novia, amin :)