Sekilas tentang PAUD BKI

Sekilas tentang PAUD BKI - BKI merupakan kependekkan dari Bina Keluarga Islami, sebuah yayasan yang memiliki kegiatan rutin mengajar dengan membentuk PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini). Bertempat di Perumahan Soreang Indah, Cingcin, Kabupaten Bandung.

Pengelola PAUD BKI adalah seorang ibu rumah tangga bernama Ruby Nurhadi. Ruby mulai merintis PAUD BKI dari nol sejak 2011 hingga akhirnya PAUD BKI bisa eksis dan berkembang. "Alhamdulillah, setiap anak lulusan PAUD kami siap melanjutkan Sekolah Dasar dengan memiliki bekal mampu Calistung dan membaca Alquran." tegas Ruby kepada Ade Truna dari #KLIKSoreang.

Aktifitas lain dari PAUD BKI sendiripun beragam, salah satunya kunjungan, seperti berkunjung ke Museum Geologi di Bandung atau berkunjung ke Taman bacaan Masyarakat yang ada di Soreang.

PAUD BKI saat berkunjung ke Museum Geologi Bandung
Sumber foto dari: https://www.facebook.com/yayasan.binakeluargaislami

Salah satu bentuk upaya yang kini dilakukan oleh PAUD BKI adalah dengan berjejaring. Seperti yang belum lama ini dilakukan, PAUD BKI kini sudah resmi membentuk TBM (Taman Bacaan Masyarakat) yang diberi nama "TBM Cingcin".

Melalui TBM Cingcin, Ruby pun menjalin kerjasama dengan TBM "Sudut Baca Soreang" atau SBS. Kerjasamanya berupa rolling buku. Buku yang terdapat di SBS dipinjamkan kepada TBM Cingcin dan itu akan terus diputar atau diganti dengan buku lain kemudian yang lama dikembalikan ke SBS.

Nampak Ruby Nurhadi (berkerudung) tengah serah terima buku pinjaman (rolling) dari SBS.
Sumber foto dari: https://www.facebook.com/yayasan.binakeluargaislami

Sekilas tentang PAUD BKI
Kurikulum PAUD terdiri dari seperangkat bahan pembelajaran yang mencakup lingkup perkembangan, yaitu perkembangan moral dan agama, fisik-motorik, kognitif, bahasa, dan sosial emosional.Setiap Lembaga PAUD dapat mengembangkan kurikulum sendiri-sendiri sesuai dengan ciri lembaga masing-masing dengan memenuhi prinsip dan capain perkembangan minimal yang tertera dalam Permendiknas No. 58 Tahun 2009 tentang Standar PAUD.

Keunggulan PAUD BKI
Berbicara kualitas pendidikan dalam hal ini PAUD, berarti sama halnya berbicara keunggulan. Tidak terkecuali dengan PAUD BKI. Dari obrolan #KLIKSoreang dengan Nurhadi -suami dari Ruby- pemilik sekaligus pengelola PAUD BKI menjelaskan bahwa;
  • Murid-murid akan dikenalkan dengan Alquran dan shalat sejak dini,
  • Murid-murid pada usia TK hampir 90% mampu Ca-Lis-Tung, sehingga siap melanjutkan ke jenjang SD,
  • Lingkungan PAUD BKI terbilang strategis,
  • Tenaga pengajar berpengalaman.
Atas dasar itulah, Nurhadi membuat sebuah rancangan kurikulum yang disebut dengan kurikulum terpadu. Atau penggabungan antara kurikulum dari diknas, depag, dan internal BKI sendiri. Yang dimaksud dengan gratis pada informasi telah dibukanya untuk tahun ajar 2014 - 2015, gratis pendaftaran saja. Untuk lebih jelasnya, sebagaimana rincian berikut ini.
  • Pendaftaran tidak dipungut biaya alias gratis,
  • Uang SPP biayanya Rp 50.000,-/bulan
  • Seragam sekolah 2 (dua) setel biayanya Rp 120.000,-
  • Uang kencleng Rp 2.500,- per/kehadiran siswa.
 Kini, PAUD BKI kembali membuka pendaftaran calon murid untuk tahun pelajaran 2014 - 2015.



Itulah Sekilas tentang PAUD BKI yang berada di Soreang. Mudah-mudahan artikel ini bisa bermanfaat dan menginspirasi kita semua.