Jadwal Acara Festival Bengawan Bojonegoro 2014

PESAN SPONSOR:
Klik Soreang dihubungi oleh salah seorang panitia yang menggarap perhelatan Festival Bengawan Bojonegoro, Didik, untuk membantu memberitakan perihal rencana pagelaran festival hari jadi Bojonegoro. Berikut isi beritanya ...

Pemkab Bojonegoro bekerjasama dengan Dewan Kebudayaan Bojonegoro menyiapkan kado istimewa bagi rakyatnya pada Hari Jadi Bojonegoro ke-337 bulan Oktober 2014 nanti. Berbentuk apa kado istimewa itu? Kado istimewa itu tak lain adalah pesta budaya spektakuler yakni Festival Bengawan Bojonegoro.

jadwal Acara Festival bengawan Bojonegoro 2014

Festival Bengawan Bojonegoro akan berlangsung selama tiga hari-tiga malam. Festival ini akan digelar di tengah Bengawan Bojonegoro dan tiga lapangan yang lokasinya berada di bibir bengawan yakni di Bendung Gerak, lapangan Desa Sukoharjo dan lapangan Desa Banjarsari. Yang paling menarik dalam festival ini yakni Parade Perahu Hias dengan hiasan sesuai nilai sejarah atau legenda yang ada di desa-desa di sepanjang aliran Bengawan Bojonegoro.

Digelarnya Festival Bengawan Bojonegoro untuk memperingati sejarah peradaban manusia purba yang pernah hidup di lembah bengawan ini pada 200.000 tahun sebelum masehi. Selain itu, juga untuk menghargai keluhuran budi Bengawan Bojonegoro yang terbukti banyak memberi manfaat bagi kehidupan manusia sejak zaman purba hingga era modern saat ini.

Jadwal Acara Festival Bengawan Bojonegoro2014

Manfaat Bengawan Bojonegoro tersebut antara lain; airnya untuk mencukupi kebutuhan minum, mandi, mencuci, mengairi lahan pertanian hingga untuk memenuhi kebutuhan industri. Selain itu, kekayaan Bengawan Bojonegoro berupa pasir berbagai jenis dan lumpur yang muncul setiap usai banjir bisa diproses untuk memenuhi kebutuhan bahan bangunan. Kekayaan Bengawan Bojonegoro yang paling menarik yaitu berbagai jenis ikan yakni jendhil, rengkik, wader, bukur dan kijing bisa diolah menjadi kuliner yang lezat penuh cita rasa.

Ada juga kekayaan alam Bengawan Bojonegoro yang belum tersentuh hingga saat ini. Yakni panorama bengawan yang indah bisa digarap menjadi tempat wisata yang unik dan menarik. Meski demikian, Bengawan Bojonegoro tetap menjadi andalan utama masyarakat sebagai sarana transportasi.

Berikut ini Jadwal Acara Festival Bengawan Bojonegoro :
Selasa, 14 Oktober 2014
1. Ritual dan Doa-Doa
2. Larung Sesaji
3. Pembukaan Festival
4. Pameran Arkeologi, Pasar Seni dan Kuliner
5. Musik Keroncong
6. Lomba Cipta Puisi dengan Tema : Bengawan Bojonegoro dari Masa ke Masa
7. Lomba Renang Menyeberangi Bengawan
8. Pentas Teater Sandhur Anak

Rabu, 15 Oktober 2015
1. Bersih-bersih Bengawan dan Tanam Pohon di Tebing Bengawan
2. Pameran Arkeologi, Pasar Seni dan Kuliner
3. Lomba Mewarna dan Melukis Landskap (Panorama) Bengawan Bojonegoro
4. Parade Musik Pelajar
5. Lomba Ketangkasan Tangkap Bebek
6. Lomba Mancing Malam Hari

Kamis, 16 Oktober 2015
1. Parade Perahu Hias
2. Pentas Gendruwon Ayon-Ayon
3. Pameran Arkeologi, Pasar Seni dan Kuliner.
4. Pentas Wayang Thengul
5. Langen Tayub
6. Parade Baca Puisi

Lelaki yang akrab disapa dengan Didik Boroscouts atau @kakdidik13 ini sempat ditanya alasan mempromosikan Bojonegoro sampai lintas daerah (di Klik Soreang-red)? Didik yang aktif di kepramukaan ini menjawab bahwa tentu saja hal ini penting, "Selain menginformasikan warga Bojonegoro yang ada di Soreang, juga mencoba manarik minat daerah lain termasuk Soreang untuk datang dan manyaksikan kemeriahan Festival Bengawan Bojonegoro dan Hari Jadi Bojonegoro Ke-337". 

Didik Jatmiko merupakan Ketua Blogger Bojonegoro yang ikut serta membantu dalam struktur kepanitiaan acara Festival Bengawan Bojonegoro 337.

Oke... Selamat dan semoga sukses untuk Bojonegoro!  
SPONSOR BLOG INI:

INGIN IKLAN ANDA DI SINI? HUB: 089627528881


IBX582992C690462