National Geo-Smart Competition 2014 di UPI Bandung

UPI Kembali Gelar National Geo-Smart Competition 2014 (Olimpiade Geografi Nasional) - UPI Bandung, 8-9 November 2014 - BEM Himpunan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Geografi kembali menggelar Olimpiade Geografi Nasional yang dikenal dengan nama National Geo-Smart Competition 2014. Olimpiade yang digelar untuk siswa-siswi SMA/SMK/MA/sederajat se-Indonesia ini diadakan pada 8-9 November 2014 dengan pembukaan yang bertempat di Auditorium FPMIPA. Kegiatan ini dibuka dengan pembacaan ayat suci Alquran oleh Rif’al Aji dan Zahra dari Geografi 2014 serta dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya yag dipandu oleh Voice of Geography.


“Kegiatan GEOSAC 2014 ini merupakan olimpiade tahunan ke-7 UPI yang diharapkan mampu melahirkan generasi penerus bangsa yang dapat diandalkan oleh Indonesia melalui Geografi”, ujar Vicky selaku Ketua Pelaksana dalam sambutannya. Kegiatan ini pun turut dihadiri oleh para dosen dan dibuka oleh Ketua Departemen Pendidikan Geografi yakni Dr. Hj. Epon Ningrum M.Pd.

Kegiatan yang mengangkat tema “Geografi Untuk Indonesia Berdikari” ini diikuti oleh lebih dari 164 tim (328 peserta) yang tersebar di hampir 18 provinsi di Indonesia. GEOSAC 2014 diawali dengan seleksi video edukatif secara tim, dimana melalui seleksi tersebut akan dipilih 100 tim terbaik yang selanjutnya menjadi 200 finalis untuk mengikuti tahap selanjutnya di Bandung.

Tahap seleksi berikutnya yang harus diikuti oleh seluruh finalis GEOSAC 2014 ini adalah tes tulis yang terdiri dari tes pilihan ganda, tes multimedia dan tes peta buta yang akan menguji kemampuan spasial finalisnya. Dan seluruh kegiatan tersebut dilaksanakan pada hari pertama yang bertempat di Auditorium FPMIPA dengan disertai kegiatan pameran alat-alat praktikum yang dimiliki Departemen Geografi sebagai langkah untuk mensosialisasikan bentuk dan cara penggunaannya.

Pada hari kedua yakni Minggu, 9 November 2014 diadakan Seminar Nasional bagi para guru pembimbing serta mahasiswa UPI dengan pembicara yakni Ir. Sinung Baskoro M.T (Kepala Museum Geologi Bandung) yang bertempat di Auditorium FPIPS UPI. Dengan tema yang sama, judul yang diangkat dalam seminar ini adalah Potensi Sumber Daya Alam Indonesia yang mengajak hadirin untuk menghayati berbagai kekayaan alam Indonesia khususnya geologi untuk dapat menjadikan bangsa ini lebih berdikari sesuai dengan tema GEOSAC 2014.

National Geo-Smart Competition 2014 di UPI Bandung

Sedangkan di saat yang bersamaan seluruh finalis GEOSAC 2014 melaksanakan seleksi tahap kedua yakni GEOTRACK di kawasan Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda Bandung. Kegiatan inilah yang membedakan kegiatan GEOSAC UPI dengan olimpiade geografi sejenisnya, dimana seluruh finalis akan diajak tracking edukatif untuk menyusuri kawasan Maribaya hingga Dago Pakar. Finalis akan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang telah disediakan berkenaan langsung dengan fenomena geografi yang terdapat di sepanjang track kawasan Tahura Djuanda ini. Sehingga ilmu geografi dapat lebih aplikatif dan menyenangkan dan turut mempromosikan potensi wisata edukatif yang ada di kota Bandung.

 National Geo-Smart Competition 2014 ini ditutup dengan kegiatan hiburan dari “Geografi Menari” yang membawakan tarian Jaipong khas Jawa Barat, Voice of Geography, “Geografi Bersastra” yang membawakan musikalisasi puisi bertajuk Pesan untuk Indonesia, dan Geografi Akustik. Di akhir penutupan, diumumkanlah 10 besar juara dan juara video terbaik serta video terfavorit yang berhak mendapatkan hadiah yang telah disiapkan panitia. Dan alhasil, Bayu Amiran (Siswa asal SMAN 1 Babakan) berhasil menyabet juara 1 GEOSAC 2014 ini dan berhak mendapatkan Piala dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI, Medali, Uang Pembinaan, dan Sertifikat.

Berikut ini para juara di National Geo-Smart Competition 2014 selengkapnya.
1. Bayu Amiran – SMAN 1 Babakan, Cirebon
2. Keanu O’ Anwar – SM Yayasan Pupuk Kaltim, Kalimantan Timur
3. Muhammad Rusmul – MAN Insan Cendekia Serpong
4. Aldi Aldinar – SMAN 1 Cisarua
5. Stephanie Tanus – SMA Santa Ursula Jakarta
6. Adam Taufan – SMAN 3 Kota Sukabumi
7. Made Nandini – SMAN 3 Denpasar, Bali
8. Aisah Catur – MAN Purbalingga
9. Nur Kholik – SMAN 1 Cilacap
10. Johan Ferdian – SMA SMART Ekselensia

Sedangkan untuk Juara Video Terbaik diraih oleh SMA Santa Ursula Jakarta dan Video Terfavorit diarih oleh SMAN 77 Jakarta untuk kedua kalinya. Kegiatan ini ditutup dengan acara foto bersama para juara beserta guru pembimbing dan disambut dengan Hymne Geografi dari VOG. “Acara GEOSAC UPI 2014 ini seru sekali, peserta tidak hanya olimpiade, tapi ada Geo-Tracknya juga. Ini Olimpiade terbaik yang pernah saya ikuti, dengan sistem yang dibuat panitia membuat seluruh Finalis dapat berbaur dan menjadi teman yang baik. Salam Geografi!”, tutur Thamora, salah satu Finalis asal SMAN 1 Simanindo, Sumatra Utara.


Dengan berakhirnya penutupan acara ini maka berakhir pula seluruh rangkaian National Geo-Smart Competition 2014, semoga Indonesia Berdikari yang digadang-gadang menjadi salah satu visi acara ini dapat tercapai melalui Geografi. Salam Geografi ! Salam Indonesia Berdikari ! (VT)

Comments