Advertisement

De Ranch Wisata Kuda Ala Koboi di Lembang

Apa itu Ranch?
Dari kamus online diperoleh keterangan makna dari kata Ranch sebagai berikut.

Ranch adalah kata benda (n) yang berarti peternakan besar yang terdiri dari lahan yang luas serta didukung oleh fasilitas yang dibutuhkan untuk meningkatkan ternak sapi.
Lahan seluas 5 hektar di De Ranch, Lembang
Sama halnya dengan De Ranch di Lembang. De Ranch merupakan lahan seluas 5 hektar yang awalnya digunakan sebagai tempat beternak kuda dan beberapa ekor sapi. Namun di tangan pemiliknya, semula lahan De Ranch ini biasa-biasa saja kini disulap menjadi sebuah tempat wisata.

Adalah Perry Tristianto yang juga pemilik THE BIG PRICE CUT sebagai sosok sentral keberadaan De Ranch dari awal dibangun hingga kini. Dari halaman web resmi De Ranch dijelaskan, lahan tersebut memiliki kontur dan pemandangan alam yang potensial untuk dijadikan tempat wisata. Maka lahirlah tempat wisata kuda ala koboi dengan nama De Ranch pada awal bulan Desember 2007. 

Penulis pernah menyempatkan diri untuk berkunjung ke De Ranch. Ditemani seorang teman yang cukup memahami dengan lingkungan tempat wisata ini; Dann Julian, kami berkeliling ke beberapa wahana menarik yang ada di sana.
 

Tempat wisata yang selalu buka setiap hari ini memang membuat mata menikmati keindahan alamnya. Setelah gerbang masuk, pengunjung langsung dihadapkan dengan lahan yang luas terhampar dan pemandangan Bandung Utara yang Indah. Dari dalam De Ranch kita bisa melihat gunung Tangkuban Perahu sehingga menambah indah pemandangan sekitarnya.
 

Wahana pertama yang penulis kunjungi saat berkeliling adalah miniatur tambang emas yang dibuat mirip dengan pertambangan era koboi. Pengunjung yang diperbolehkan bermain di wahana ini adalah anak-anak. Mereka (anak-anak) diajak berperan menjadi pendulang emas. Nama wahananya, The Gold Hunter. 



Setelah dari Wahana The Gold Hunter penulis diajak ke istal kuda. Di sini, kuda-kuda yang besar dan lumayan tinggi berbaris dan siap ditunggangi. Takhanya anak-anak, orang dewasa pun dipersilakan menungganginya.
 

Oia, sebelumnya kami pun sempat masuk ke sebuah tempat pendaftaran berlatih atau kursus menunggang kuda. Dari dinding-dinding papan ala rumah koboi dipasang pengumuman dan poster. Ada penjelasan yang disertai gambar mengenai peralatan kuda itu apa saja?  Lalu, persyaratan paket kursus yang ditawarkan (1 jam atau 2 jam), serta beberapa kostum koboi yang siap dikenakan oleh peserta kursus menunggang kuda. 

De Ranch Wisata Kuda Ala Koboi di Lembang

Saat pertama kali masuk ke area cafetaria yang berada tepat di depan pintu masuk, pengunjung akan diberi minuman sebagai welcome drink, yaitu susu murni segar – dengan cara menukar tiket sebagai kuponnya. 

Welcome drink; susu murni ditukar dengan kupon tiket masuk Rp 5000,-

Kami pun sempatkan waktu untuk makan siang agar berkeliling tidak loyo. Tidak ada makanan ala koboi bahkan menunya nasi timbel dengan sayur asem. 


Pada umumnya pengunjung memilih timbel saat makan siang.
Wisata Kuda Ala Koboi! Inilah senantiasa konsep yang ingin ditampilkan oleh De Ranch. Di mana-mana suasananya koboi dan Indian. Seperti saat melintasi jalan menuju kandang sapi. Kami menjumpai tenda-tenda khas yang dimiliki oleh masyarakat Indian di masa lalu. Sempat menemui peternak sapi, ternyata sapi-sapi penghasil susu untuk dijadikan yoghurt dan welcome drink di sini berasal dari Australia, pantas besar dan tinggi sapinya.

Di kandang inilah, susu sapi diolah secara pasteurisasi dengan teknologi biogas
Lalu saat akan menuju sebuah factory outlet yang menjajakan pakaian Indian dan Koboi, kami melewati sebuah kedai yang dibuat mirip bar seperti di film-film western. Dengan warna dominasi cokelat dan bentuk mebel sengaja divarnish mirip jaman dulu, semakin menguatkan kesan go-west. 

Di dalam Factory Outlet, terdapat pakaian yang tertata rapi baik di rak baju atau tergantung pada lemari takberpintu. Sambil melihat-lihat pakaian-pakaian ala indian dan koboi, penulis sempat mencoba mengenakan pakaian dari kulit, semacam jaket – berat juga ternyata.

Penulis (Ade Truna) bergaya di De Ranch

Puas sekali mengunjungi De Ranch ... Pembaca, silakan Anda berkunjung ke De Ranch Wisata Kuda Ala Koboi di Lembang – Anda dijamin puas, dengan tagline, “food, leisure and knowledge” - Anda  taksaja akan puas berwisata kuliner, jalan-jalan, tetapi pengetahuan kitapun akan bertambah khususnya seputar dunia koboi.

Dimanakah De Ranch berada?

Alamat De Ranch berada di Jln. Maribaya no. 17, Lembang – Bandung. Silakan hubungi nomor telepon (022)278-5865, atau fax (022)278-5842. Buka setiap hari kecuali hari Senin. Jam buka: 09.00 hingga 17.00 (weekday), 08.00 hingga 18.00 (hari libur atau weekend). Semua fasilitas rata-rata ditarif seharga Rp 15.000,- kecuali delman sekali menjelajah rute dikenakan ongkos Rp 25.000,-

Itulah sekilas pemandangan yang bisa ditampilkan dalam artikel kali ini. Bagi Anda yang ingin mengisi akhir pekan di Bandung lantas mencari informasi harus kemana berwisata di Bandung?  De Ranch salah satu destinasi wisata yang bisa Anda pilih. Selamat berwisata!

4 komentar:

outbound-di-ledok-sambi-kaki-gunung-merapi-stres-jadi-hilang mengatakan...

Wah asik banget ni. Anak-anak pasti suka. Bisa belajar juga di sini.

Tira Soekardi mengatakan...

sudah sering lewat tapi belum pernah mampir. Memang perlu kayaknya kemari

klik soreang mengatakan...

Ayo cari waktu luang bu Tira :D

klik soreang mengatakan...

iya bermain sambil belajar :D

Diberdayakan oleh Blogger.