Jelajah Kota Wisata KSB: Mengunjungi Gedung Merdeka

Hegemoni perayaan KONFERENSI ASIA AFRIKA sudah terasa dimana-mana. Persiapan demi persiapan nampak jelas terlihat, bisa dipantau di beberapa pemberitaan termasuk di sosial media. Itu semua sangat terasa hingga saat ini. Dan hari ini, ada Cerita Menarik Di balik Kemegahan Gedung Merdeka dan Museum Konferensi Asia Afrika ...


Minggu, 19/04/2015 - Panas menyengat tak menyurutkan semangat para Ibu – ibu dan Anak-anak menyusuri perjalanan menuju Gedung Mereka, maklum perjalanan kali ini ditempuh dengan berjalan kaki, tawa canda sepanjang perjalanan menjadi hiburan untuk menghilangkan lelah. 
Jelajah Kota Wisata KSB: Mengunjungi Gedung Merdeka
Raut wajah ceria tampak menghiasi mereka maklum hari itu mereka akan merasakan indahnya suasana isi dari Gedung Merdeka yang selama ini mereka mimpi-mimpikan dan menjadi tanda tanya tentang keadaan isi di dalamnya.

“Ibu mah dari dulu sampai sekarang hanya tahu luarnya saja, itu juga cuma lewat saja. Maklum ... Karena kesibukan sebagai ibu mesti ngurus ini, itu jadi gakada waktu..." kata ibu Imas. 

Ibu-ibu menyempatkan berfoto bersama saat Jelajah Kota Wisata (19/4)
“Ini juga ibu bela-belain berhenti masak untuk hari ini karena ingin mengenal lebih dalam tentang Gedung Merdeka dan Musium Konferensi Asia Afrika sambil ngajak jalan-jalan anak..." timpal ibu dewi.

Ya, hari itu tepatnya ada satu kegiatan sosial dari Kreativitas Simpang Bandung kerja bareng Karang Taruna RW. 01 Babakan Ciamis dan sahabat Museum Asia Afrika. Kegiatan yang diberi nama Jelajah Kota Wisata tersebut tujuan nya ingin lebih mendekatkan Musium Konferensi Asia Afrika lebih dekat lagi dengan masyarakat khususnya warga Bandung.

“Saya terkadang miris apabila lewat Gedung Merdeka, kebanyakan dari warga hanya mengabadikan di luarnya saja, kenapa mereka tidak masuk? Padahal, (Gedung Merdeka-red) terbuka untuk umum dan di dalamnya terdapat segudang ilmu pengetahuan yang mereka harus tahu bahkan gratis lho, gakbayar ..." tegas Asep Supriatna penggagas event Jelajah Kota Wisata KSB.

Dan takkurang dari 300an warga dari RW. 01 Babakan Ciamis turut serta dalam kegiatan tersebut. Rombongan pun diterima dengan baik oleh Sahabat Musium Asia Afrika, alhasil para Ibu pun terkagum-kagum melihat suasana isi dari Gedung merdeka dan layaknya para delegasi yang sedang bersidang mereka. Mereka memperhatikan dengan detail uraian-uraian yang disampaikan oleh Desmon, pemandu rombongan Jelajah Kota Wisata KSB kemarin.

“Kursi yang ibu duduki itu adalah kursi yang tahun pada 1955 diduduki oleh para delegasi Asia Afrika, jadi ibu harus bangga dan harus melestarikan sejarah yang kita miliki, ujar salah satu guide kepada semua rombongan.

Ternyata, kegiatan anak-anak muda bandung sungguh luar biasa, Tidak salah apabila Bandung disebut sebagai kota kreatif dan Ibu Kota Asia Afrika.

Komentar