6 Cara Mengatasi Iritasi Mata Merah dan Gatal

Kondisi udara serta polusi yang semakin buruk menyebabkan berbagai gangguan bagi kesehatan termasuk mata. Yang kerap muncul sebagai gangguan mata karena iritasi adalah mata merah dan gatal yang mengganggu fungsi penglihatan kita. Dan yang seringkali dilakukan bila sudah merah dan gatal adalah dengan menggosok-gosok mata kita. Justru itu hal yang salah sebab bisa memperburuk kondisi mata. Menggosok mata bukanlah cara yang baik. Sebab di mata terdapat bagian permukaan bola mata yang merupakan jaringan lunak yang mudah luka.   

6 Cara Mengatasi Iritasi Mata Merah dan Gatal - Guna mengatasi gangguan tersebut, jamak orang menggunakan obat tetes mata. Namun bisa juga Anda untuk mempertimbangkan penggunaan obat mata berbahan alami di saat merasa mata gatal, panas atau merah yang tentunya obat mata tersebut lebih aman.

Cara 6 Cara Mengatasi Iritasi Mata Merah dan Gatal bisa memperhatikan uraian berikut ini.     
  1. Kompres dengan air dingin. Guna menghilangkan sensasi terbakar pada mata, pembaca bisa mengompresnya dengan air dingin. Walaupun hanya beberapa saat, upaya ini mampu membantu dalam menurunkan bagian mata yang bengkak dan juga akan mengurangi rasa gatal.
  2. Obat tetes mata. Cara mengobati yang paling populer dilakukan oleh masyarakat di saat mata mengalami iritasi merah dan gatal adalah dengan menggunakan obat tetes mata. Namun, alangkah baiknya kita hati-hati dalam menggunakannya. Jangan sampai upaya pengobatan ini malah memperburuk kondisi mata Anda, caranya konsultasikan penggunaan obat tetes mata ke dokter sebelum menggunakannya. BACA: 10 Tips Merawat Kesehatan Mata
  3. Irisan Mentimun. Cara alami guna mengatasi iritasi mata merah dan gatal adalah dengan memakai irisan mentimun.
    6 Cara Mengatasi Iritasi Mata Merah dan Gatal
    6 Cara Mengatasi Iritasi Mata Merah dan Gatal
    Caranya tutup mata Anda dengan irisan mentimun diamkan sekira 15 menit, lalu lepas mentimun maka iritasi dan gatal pun akan hilang.
  4. Madu dan susu hangat. Peradangan selaput mata atau konjungtivitas adalah yang paling sering menjadi pemicu mata terbakar. Untuk mengobati sensasi mata terbakar seperti itu bisa menggunakan madu dengan cara mencampurkan 1 hingga 3 sendok makan madu dengan air susu hangat. Kemudian gunakan campuran madu dan susu tersebut sebagai pencuci mata.
  5. Lidah buaya. Biasanya lidah buaya digunakan sebagai pereda luka bakar luar, namun lidah buaya pun bisa dijadikan obat mata. Cara menggunakannya; campurkan sedikit jus lidah buaya dengan air dingin selanjutnya gunakan sebagai pencuci mata dan rasakan dinginnya yang bisa meredakan mata panas.
  6. Irisan kentang. Saat mata merasakan sensasi terbakar jangan tunda-tunda waktu, segera gunakan irisan kentang. Prakteknya sama dengan menutup mata menggunakan irisan mentimun. Hanya saja, selain meredakan mata panas, irisan kentang pun mampu menghilangkan lingkaran gelap pada kelopak mata bagian bawah.
Itulah sekilas artikel kesehatan tentang 6 Cara Mengatasi Iritasi Mata Merah dan Gatal. Semoga bermanfaat.