4 Manfaat Membaca Bagi Kesehatan

PESAN SPONSOR:
Beruntung sekali bagi Anda yang memiliki hobi membaca. Selain akan menambah wawasan, ternyata kebiasaan membaca mampu membuat organ otak senantiasa aktif setiap saat. Buku bacaan berdasarkan minat, antara lain; majalah, koran, novel, cerpen dan buku lainnya, semuanya bisa dipilih.

Akan tetapi yang jamak terjadi, orang enggan meluangkan waktu untuk membaca karena sibuk dengan urusan lain atau rutinitas kerja. Perlu diketahui, berdasarkan hasil penelitian terdapat hasil yang cukup mengejutkan tentang manfaat membaca bagi kesehatan tubuh

Inilah 4 Manfaat Membaca Bagi Kesehatan.
  1. Menurunkan Tingkat Stres. Begitu padatnya aktifitas atau kerja harian ditambah berbagai masalah hidup dapat memicu meningkatnya stres pada diri semua orang. Hal ini sangat berdamapk pada menurunnya kesehatan tubuh. Universitas Sussex telah memiliki hasil penellitiannya dengan menyebutkan bahwa, "Memulai membaca sebuah buku mampu menurunkan tingkat stress yang dialami seseorang." 
  2. Otak Aktif dan Tajam. Selain menurunkan stres, dengan membaca sebuah buku secara rutin setiap hari maka otak akan diolahragakan secara otomatis.
    4 Manfaat Membaca Bagi Kesehatan
    4 Manfaat Membaca Bagi Kesehatan
    Seorang pakar yang bernama Robert S. Wilson PhD, mengatakan, "Menjadikan membaca buku sebagai hobi sejak dini sangat menunjang untuk kesehatan otak pada saat tua kelak."
  3. Ampuh Menangkal Alzheimer. Alzheimer atau kepikunan merupakan penyakit mudah lupa pada seserang terkait umur yang juga terus bertambah. Menurut Dr. Robert P. Friedland, seorang ahli saraf klinis dan peneliti gangguan otak yang berhubungan dengan penuaan - mengatakan, "Aktifitas intelektual seperti membaca mampu memperkuat organ otak dari serangan berbagai penyakit yang biasanya mudah menyerang otak."
  4. Lebih Cepat Tertidur. Gejala sulit untuk tidur atau Insomnia dialami sebagian besar masyarakat. Ada salah satu solusi yang cukup mudah untuk dilakukan dalam upaya menghapus sulit tidur, yaitu dengan membaca. Ambilah sebuah buku ke peraduan lalu bacalah beberapa halaman saja dari buku yang Anda sukai tersebut. Dengan membaca buku menjelang tidur akan menenangkan pikiran dan mengisyaratkan pada saraf mata untuk mulai terpejam.
Demikian 4 Manfaat Membaca bagi Kesehatan yang bisa menjadi referensi bagi Anda, "kenapa harus hobi membaca?" Mulailah luangkan waktu untuk membaca sejak sekarang, walaupun hanya beberapa lembar saja dari seluruh isi buku yang Anda sukai. Jadikanlah membaca buku sebagai aktifitas rutin yang mengasyikkan. Sebab tanpa kita sadar, dengan membaca buku maka kita akan memperoleh peningkatan kesehatan tubuh setiap hari.

---
Sumber: healthy care (Inilah Koran Des 2013)


SPONSOR BLOG INI:

INGIN IKLAN ANDA DI SINI? HUB: 089627528881


IBX582992C690462