Advertisement

Cara Bijak Memakai Kartu Kredit

Kartu kredit. Hari ini jamak orang memiliki kartu kredit dan merasakan kemudahan dalam urusan pengadaan uang tunai atau juga belanja-belanji tanpa melalui proses yang rumit. Namun di balik itu banyak sekali pemiliknya justru terjebak oleh nilai praktis dan mudahnya memenuhi kebutuhan dengan menggunakan kartu kredit. Salah satu contoh sederhana, seseorang dengan mudahnya belanja barang yang diinginkannya dengan tanpa sadar tindakannya justru menggiringnya ke dalam lubang utang dan akhirnya sulit keluar dari lubang tersebut.

Atas dasar ilustrasi sederhana di atas, kali ini coba kami hadirkan artikel tentang Cara Bijak Memakai Kartu Kredit. 
  • Pertama, disiplin. Setiap kartu kredit memiliki batas maksimum yang sudah ditentukan dalam regulasi masing-masing bank. Biasanya tergantung dari tipe kartu yang dipilih, misal: Anda memiliki kartu kredit dengan batas maksimum pemakaian sebesar Rp 2 juta, disarankan Anda jangan memakainya penuh sebesar itu atau bahkan lebih besar lagi, alasannya dalam rangka mendisiplinkan diri agar tidak terlena dengan kemudahan pemakaian kartu kredit. Masalah kedisiplinan pemakaian kartu kredit ini patut sekali untuk diperhatikan.
  • Kedua, batasi jumlah kepemilikan kartu kredit, cukup miliki 2 hingga 3 kartu saja. Meskipun fasilitas yang diberikan oleh setiap penerbit kartu berbeda-beda namun alangkah bijaknya bila Anda benar-benar memilih yang terbaik dari setiap kartu. Dan tetap ingat, kartu kredit adalah alat bantu transaksi yang harus Anda bayar dan wajib untuk Anda lunasi. Ada hutang yang harus dibayar dari setiap gesek kartu yang dilakukan. Bicara mengenai fasilitas kartu kredit, di depan ada informasi Promo Kartu Kredit BTN yang bisa menjadi bahan Anda untuk memutuskan, apakah menjadi salah satu kartu yang ingin dimiliki?
    Promo Kartu Kredit BTN
    Promo Kartu Kredit BTN
    Melansir portal resmi Bank BTN, fungsi Kartu Kredit BTN pada dasarnya menjadi alat bantu pembayaran saat Anda membeli rumah dengan cara kredit. Sebagai alat bayar angsuran, bank BTN telah menerbitkan 3 jenis kartu kredit. Berdasarkan informasi dari surat kabar, bank yang dipimpin oleh Maryono selaku direktur ini telah memiliki dana yang terbilang kuat. Dana yang terkumpul dari hasil obligasi ini sepenuhnya akan digunakan memperkuat struktur permodalan dalam membiayai Kredit Kepemilikan Rumah (KPR) baik rumah subsidi atau non subsidi dan bank BTN termasuk yang mengkampanyekan program sejuta rumah yang dicanangkan oleh pemerintahan Jokowi - JK. Nah, semoga informasi ini menjadikan acuan bagi Anda dalam menentukan kartu kredit yang akan dimiliki.
  • Ketiga, cermat memanfaatkan point rewards. Pada umumnya, setiap kartu kredit memiliki program point rewards dari setiap transaksi yang dilakukan. Bilamana poin sudah terkumpul dalam jumlah yang banyak bisa ditukarkan dengan syarat dan ketentuan yang berlaku dari setiap bank. Sebagai contoh, dalam rangka Promo Kartu Kredit BTN, bank ini dalam programnya menyebutkan setiap pembelanjaan yang dilakukan dengan nominal minimum Rp 2.500,- pemegang kartu akan mendapatkan rewards sebesar 1 Prima Poin - istilahnya - poin ini bisa ditukarkan dengan Angsuran KPR dan berbagai penawaran menarik lainnya.
  • Keempat, bayarlah sebelum jatuh tempo. Selamatkan diri Anda saat menggunakan kartu kredit dengan cara tertib membayar tagihan sebelum datang waktunya. Selain cari aman, hal ini dalam rangka senantiasa menjaga nama baik Anda selaku nasabah dari bank yang Anda pilih (track record). 
  • Kelima atau terakhir, bayarlah tagihan lebih besar dari batas minimum. Sudah menjadi pengetahuan umum bahwa setiap penerbit kartu kredit mematok minimum tagihan sebesar 10% dari keseluruhan tagihan Nah, tentu saja Anda bukan berarti tidak mampu membayar dari nilai minimum tersebut, bukan? Prinsip sederhana; semakin besar tagihan yang Anda bayarkan maka semakin sedikit nilai sisa tagihan yang dikenakan bunga. Berarti semakin sedikit juga utang Anda. 
Itulah sekilas informasi tentang finansial seputar Cara Bijak Memakai Kartu Kredit. Semoga dengan kelima poin di atas bisa menjadi fondasi bagi Anda saat memutuskan memiliki kartu kredit. 

---
1) Rujukan:http://www.btn.co.id/produk/produk-jasa/atm-batara-%281%29.aspx
2) Inilah Koran, Kejar Sejuta Rumah, BTN Luncurkan Obligasi Rp3 Triliun (Kamis, 11 Juni 2015)
3) http://www.cosmopolitan.co.id/article/read/11/2014/5197/cara-cerdas-menggunakan-kartu-kredit 
Diberdayakan oleh Blogger.