Advertisement

Paperless Konsep Ramah Lingkungan Masyarakat Moderen

Syaamil Tabz (foto: istimewa)
Meskipun terbilang terdepan sebagai percetakan yang berpengalaman membuat mushaf Alquran bukan berarti percetakan Syaamil takmenyentuh konsep Paperless. Konsep yang ramah lingkungan seperti paperless sudah dibuktikan oleh Syaamil dengan membuat terobosan baru berupa aplikasi digital berbasis Android.

Pada konsep paperless, manusia dituntut untuk mengurangi penggunaan kertas bahkan menghentikan penggunaan kertas di segala kegiatan. Hal yang pertama kali harus dilakukan setiap perusahaan yang memulai konsep paperless adalah dengan mengubah semua dokumen cetak fisik menjadi digital.

Paperless Konsep Ramah Lingkungan Masyarakat Moderen

 Terdapat 5 keuntungan dari konsep paperless bagi setiap lembaga atau perusahaan yang menganutnya.
  1. Menghemat biaya produksi,
  2. Menghemat ruang,
  3. Adanya efektifitas pengiriman dokumen,
  4. Meningkatkan produktifitas, serta
  5. Ramah lingkungan. 
Berdasarkan jejak rekam yang telah dilakukan oleh Syaamil Quran dalam menjalankan konsep yang mulai dikenal sejak 1970 ini, yaitu dengan diluncurkannya produk Syaamil Gadget berupa 2 unit gawai bersistem operasi Android yang diberi nama Syaamil Tabz dan Syaamil Note. Dan kini produk gawai dari Syaamil ditambah dengan hadirnya Syaamil MicroSD.

Dengan adanya produk Syaamil Gadget ini semakin membuktikan sebuah prediksi yang isunya sudah terhembus sejak 1975. Waktu itu, harian Business Week menulis sebuah berita yang isinya lebih kurang berbunyi, "Otomasi (baca: digitalisasi-red) pada dunia perkantoran akan mengurangi jumlah kertas secara keseluruhan,terutama pada kegiatan rutin misalnya pengarsipan data."

Syaamil Micro SD
Pernyataan tersebut sempat terbantahkan oleh hadirnya teknologi mesin fotokopi dan maraknya mesin cetak. Semua orang mengenali dan menyadarinya, bahkan pada interval tahun 1980 hingga tahun 2000, jumlah kertas yang terdapat di dunia perkantoran bertambah jumlahnya menjadi dua kali lipat lebih banyak.

Syaamil Note
Namun hari ini, konsep Paperless Konsep Ramah Lingkungan Masyarakat Moderen semakin terasa dan terbukti, konsep gaya hidup islami moderen yang terjadi di masyarakat semakin merebak, pun dengan penggunaan gawai berisi aplikasi islami, seperti Alquran, Hadits, Buku Islami, dan e-book lainnya. Dan hal ini sudah dilakukan oleh Syaamil Gadget melalui produk unggulannya; Syaamil Tabz, Syaamil Note dan Syaamil Micro SD. []

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.