Advertisement

Telkom Luncurkan Kampung UKM Digital

Sentra Kaos Suci (Skoci) Bandung menjadi pusat peluncuran Kampung UKM Digital yang diselenggarakan Telkom, Jumat (12/6/2015) petang di Jalan Surapati Kota Bandung. Inovasi ini sebagai langkah Telkom dalam upaya mendukung program pemerintah untuk kemajuan UKM di Indonesia.

“Konsep Kampung UKM Digital adalah pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi secara komprehensif dan terintegrasi untuk mendukung proses bisnis yang berjalan dalam satu kampung atau area,” ungkap Direktur Enterprise & Business Service Telkom Muhammad Awaluddin, dalam sambutannya pada peluncuran Program Kampung UKM Digital Sentra Kaos Suci Bandung. 

Telkom Luncurkan Kampung UKM Digital
Telkom Luncurkan Kampung UKM Digital
Menurut dia, dengan adanya program tersebut para pelaku UKM yang ada semakin maju, mandiri dan modern. Jika selama ini pemasaran produk maupun proses bisnis mengandalkan off-line, maka kini dapat dilakukan secara on-line. Seperti diketahui, Kota Bandung dikenal sebagai kota industri kreatif yang salah satunya berbasis fashion semisal kaos. Di sisi lain, industri kreatif begitu akrab dan identik dengan electronic commerse atau dunia on-line.

Pada kesempatan itu, dilakukan juga penandatanganan kontrak kesepakatan pemanfaatan berbagai layanan dan aplikasi seperti StarConnect, DELIMA Point dan CUG Telkomsel. Para pegiat UKM Skoci dapat memanfaatkan sejumlah aplikasi yang disediakan Telkom. Sebut saja BosToko, Jarvis-Store, blanja.com dan www.smartbisnis.co.id. Selain itu, dapat juga memanfaatkan aplikasi yang berkaitan dengan logistik, keuangan ataupun SDM-nya. Dengan demikian, value chain bisnis 415 anggota Skoci dapat terintegrasi penuh secara digital.

Kendati begitu, dalam pelaksanaan Kampung UKM Digital tersebut Telkom tidak melakukannya sendiri. Salah satu BUMN ini berkolaborasi dengan sejumlah pihak yang dikenal dengan konsep penta-helix, yakni melibatkan akademisi, pelaku bisnis, komunitas, pemerintah dan media.

“Kolaborasi tersebut akan mempercepat pengembangan kemampuan pelaku UKM Indonesia,” kata Awaluddin. Direncanakan, sebanyak 60 Kampung UKM Digital akan digelar Telkom hingga akhir tahun ini. (IA/dtn)
Diberdayakan oleh Blogger.