Advertisement

4 Tips Agar Berat Badan Terjaga Pasca Lebaran

Alhamdulillah kaum muslimin sudah melalui bulan Ramadhan 1436 H. setelah sholat ied - saatnya umat Islam berpesta merayakan kemenangan Lebaran alias Idul Fitri dengan penuh suka cita. Sudah menjadi tradisi, dalam merayakan kemenangan ini akan dijumpai aneka kuliner khas lebaran; ketupat, sayur opor ayam, semur atau daging rendang dan bermacam-macam kue lebaran.

4 Tips Agar Berat Badan Terjaga Pasca Lebaran

Berbicara mengenai aneka kuliner khas lebaran tersebut, biasanya selera makan tinggi dan mulut serta perut bisa tidak berhenti, semua disantap. Ini hal yang umum terjadi. Oleh karena itu perlu sekali penyeimbang agar berat badan bisa dikontrol agar tetap ideal.

Ada 4 Tips Agar Berat Badan Terjaga Pasca Lebaran.
  • Pertama, batasi porsi makan ketupat lebaran. Maksudnya makanlah dengan porsi kecil saja.
    foto: istimewa
    Bukan ketupatnya yang memicu berat badan akan tetapi daging rendang dan opor ayam memiliki kadar lemak yang tinggi.
  • Kedua, perbanyaklah meminum air putih. Kenapa Anda harus meminum segelas air putih sebelum makan? Sebab kebiasaan tersebut bisa mencegah Anda untuk makan secara berlebihan. Air putih akan membantu Anda untuk segera berhenti menyantap makanan berat sebab kekenyangan hingga mampu melarutkan kolesterol yang membandel. Dan jangan lupa, sebelum tidur di malam hari- cobalah Anda minum air putih yang dicampur dengan perasan buah lemon, tips ini bisa mengeluarkan racun dala tubuh (detoks) di pagi hari.
  • Ketiga, konsumsilah buah-buahan. Biasakan sejak sekarang untuk mengonsumsi buah-buahan. Saat makan dengan penuh selera di hari raya, jangan melupakan memakan buah-buahan. Karena buah-buahan akan menjadi serat penyeimbang di saat tubuh diisi dengan kadar lemak yang tinggi. Beberapa buah-buahan yang kaya akan serat antara lain; apel, jeruk, pir serta pepaya.
    Khusus untuk pepaya, disarankan untuk dimakan sebelum makan di pagi hari.
  • Keempat, berolahraga. Yang paling utama bagi Anda yang sangat suka makan, supaya banyak berolahraga. Tidak perlu olahraga yang berat, cukup melakukan olahraga sederhana saja, seperti push-up dan sit-up. Olahraga ringan tersebut sudah cukup untuk membakar sisa makanan berupa lemak yang ada di dalam tubuh kita.

    foto: istimewa
    Olahraga yang baik adalah olahraga yang dilakukan secara rutin. Saran yang bisa dilakukan oleh pembaca adalah berolahraga ketika bangun pagi dan sebelum tidur. Khususnya untuk olahraga push-up dan sit-up; cobalah lakukan masing-masing 20 kali saja - itu sudah cukup.   
Itulah 4 Tips Agar Berat Badan Terjaga Pasca Lebaran. Semoga usaha Anda bisa berhasil .. Selamat Mencoba!

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.