Penyebab Sering Buang Air Besar

Kebanyakan orang tidak pernah peduli mengenai kebiasaan sering buang air besar mereka. Lantas bagaimana jika secara tiba-tiba Anda buang air besar 7 kali sehari, tetapi bukan karena penyakit diare ataupun masuk angin. Hal ini bisa dikatakan perubahan jangka pendek dalam seringnya buang air besar atau dapat dikatakan frekuensi yang sebetulnya cukup umum bagi para orang dewasa. Pendapat tersebut diutarakan oleh Anish Sheth, MD yaitu seorang ahli pencernaan Princeton. Salah satu faktor penyebab meningkatnya frekuensi buang air besar kita adalah karena perubahan pola makan.

Penyebab Sering Buang Air Besar

Tetapi bagaimana jika kita sering buang air besar secara terus menerus atau tiba-tiba kambuh karena suatu penyebab tertentu, bisa saja ini menjadi masalah yang serius. Untuk itu penting bagi kita untuk mengetahui berapa kali dalam melakukan buang air besar sehingga kita bisa mencurigai jika terdapat penambahan frekuensi BAB kita. Dengan hal tersebut, kita akan lebih cepat mengatasi bila memang hal tersebut menjadi sebuah masalah yang cukup serius sehingga pengobatan dapat dilakukan lebih dini guna meminimalisir kejadian terburuk.

Tetapi menurut seorang asissten professor kedokteran di divisi gastroenterology dari Unervisitas Tulane yang bernama Jordan Karlitz, MD, FAGC, menyatakan bahwa tidak ada ketetapan pasti mengenai frekuensi buang air besar yang normal, tetapi menurut penelitian, jamak orang melakukan buang air besar sebanyak 3 kali dalam 3 hari atau dalam 1 minggu. Tetapi yang paling penting untuk diperhatikan adalah jika perubahan frekuensi BAB yang tiba-tiba, misalnya sehari Anda melakukan buang air besar hanya 1 kali, tetapi tiba-tiba berubah menjadi 4 hingga 5 kali sehari selama beberapa minggu, maka Anda harus segera berkonsultasi ke dokter pencernaan. Karena bisa saja itu menjadi masalah yang serius bagi Anda.

Penyebab Sering Buang Air Besar

Buang air besar sangat identik dengan penyakit diare. Keseringan BAB karena penyakit tersebut juga membahayakan tubuh kita, karena dapat menyebabkan dehidrasi. Bahkan penyakit ini juga pembunuh balita nomor 1 di dunia. Untuk menghindari penyakit ini, kita wajib mencuci tangan sebelum makan menggunakan sabun dari Lifebuoy yang telah terbukti secara klinis dapat membunuh hingga 99,9% kuman penyebab penyakit pencernaan. Selain itu, usahakan selalu mengkonsumsi makanan yang dimasak sendiri karena dari segi kualitas cukup baik dan sangat aman. [|]

Komentar