Mau Terhindar dari Penyakit? Biasakanlah Cuci Tangan Sejak Dini!

Bagi anda yang memiliki anak, tentu sering merasa khawatir jika anak nya terserang penyakit. Apalagi anak – anak suka bermain di luar rumah sehingga rentan terhadap berbagai penyakit. Proses penyebaran penyakit begitu mudah dan cepat melalui udara, sehingga bisa menempel pada benda apapun termasuk mainan anak anda.
Mau Terhindar dari Penyakit? Biasakanlah Cuci Tangan Sejak Dini!
Mau Terhindar dari Penyakit? Biasakanlah Cuci Tangan Sejak Dini!
Mengajari anak anda untuk selalu melakukan cuci tangan setelah beraktivitas merupakan cara yang tepat untuk mengantisipasi datangnya berbagai penyakit. Anak anda harus mengetahui cara cuci tangan yang benar sedini mungkin.

Membiasakan diri mencuci tangan sejak kecil akan membiasakan anak anda memiliki pola hidup sehat. Anak harus membiasakan diri cuci tangan sebelum makan, agar kuman penyebab penyakit tidak ikut termakan. Mencuci tangan setelah melakukan aktivitas dari kamar mandi, baik setelah buang air kecil ataupun setelah buang air besar sehingga kuman dari kotoran tidak menempel pada tangan.

Mencuci tangan juga harus dilakukan setelah anak bermain atau melakukan berbagai aktivitas baik di dalam ataupun di luar rumah. Kuman – kuman penyebab berbagai penyakit sangat mudah menempel pada benda – benda yang ada di sekitar anak. Oleh karena itu biasakan anak anda mencuci tangan setelah bermain.

Mau Terhindar dari Penyakit? Biasakanlah Cuci Tangan Sejak Dini!

Mencuci tangan tentunya harus dilakukan sehingga kuman penyebab penyakit benar – benar hilang dari tangan anak anda. Cara cuci tangan yang benar adalah menggunakan air bersih dan memakai sabun khusus untuk cuci tangan. Air yang digunakan pun harus air yang mengalir. Biasakan anak anda mencuci tangan dengan menggunakan air dari keran, sehingga kuman pada tangan dapat ikut luruh.
Selain itu ajarkan anak mencuci tangan dengan langkah – langkah berikut:
  1. Basahi kedua telapak tangan memakai air yang mengalir, ambil sabun kemudian gosok kedua telapak tangan dengan lembut.
  2. Gosok punggung tangan anda secara bergantian juga dengan sela – sela jari anda.
  3. Gosok juga jari – jari anda beserta sela – sela jari dengan meyilangkan jari – jari kedua tangan anda.
  4. Gosok punggung jari dengan cara mengatupkan, lakukan secara bergantian.
  5. Gosok dan putar ibu jari secara bergantian.
  6. Gosokkan ujung jari ke telapak tangan lakukan secara bergantian.
  7. Bersihkan pergelangan tangan anda secara bergantian dengan cara memutar.

Setelah semua langkah di atas selesai dikerjakan, bilas tangan anda menggunakan air mengalir dan keringkan memakai handuk sekali pakai atau tissue. So ... Mau Terhindar dari Penyakit? Biasakanlah Cuci Tangan Sejak Dini! [|]

Komentar