Cara Mencuci Jaket Gunung yang Baik dan Benar

Cara Mencuci Jaket Gunung yang Baik dan Benar
Cara Mencuci Jaket Gunung yang Baik dan Benar
Dewasa ini mendaki gunung sedang menjadi kegiatan yang diminati banyak orang. Apalagi aktifitasnya akan terasa lebih asik apabila dikerjakan secara bersama. Dalam membangun waktu berkualitas bersama orang-orang dekat, mendaki gunung telah menjadi pilihan pertama yang berharga.

Saat mendaki gunung, Anda tentunya membutuhkan berbagai peralatan khususnya jaket gunung guna menjaga tubuh tetap hangat. Kemudian, anda pun perlu memperhatikan cara mencuci jaket gunung yang baik dan benar, “Seperti apa sih seharusnya?”

Hal ini perlu diketahui sebab akan menyisakan banyak debu atau tanah dan sejenisnya menempel pada pelindung tubuh setelah mendaki gunung. Secara otomatis jaket gunung anda menjadi kotor entah itu sedikit ataupun banyak.

Ada baiknya Anda memperhatikan cara mencuci jaket gunung. Tidak sedikit dapat kita temukan jaket gunung setelah selesai dipakai kemudian kita cuci malah menjadi rusak. Akibatnya bahan jaket tersebut menjadi semakin tipis atau bahkan luntur. Itulah resiko apabila anda mencuci jaket gunung dengan cara yang sembarangan.

Guna menghindari hal tersebut, berikut akan diulas beberapa cara mencuci jaket gunung yang baik dan benar:

  1. Perhatikan bahan jaket gunung yang anda gunakan apakah waterproof atau tidak. Biasanya label tersebut dapat anda cari di bagian dalam jaket gunung anda. Hal tersebut akan menentukan bagaimana perlakuan kita saat mencuci jaket gunung. Perbedaan kualitas bahan jaket gunung pun menentukan perlakuan kita saat mencucinya.
  2. Carilah dahulu noda membandel pada sekitar jaket gunung anda sebelum merendamnya. Apabila ditemukan, berilah deterjen yang sudah dicairkan atau deterjen cair secara langsung pada bagian noda dan sikat perlahan sampai noda hilang atau tidak terlalu mencolok kelihatannya.
  3. Ada langkah efektif, yaitu anda dapat merendam jaket gunung anda menggunakan air hangat atau memberinya jeruk nipis untuk membasmi noda membandel sebelum memberinya deterjen.
  4. Cara selanjutnya yang harus anda lakukan pada saat mempraktikkan cara mencuci jaket gunung; setelah melakukan langkah ke 2 atau ke 3, sebelum mencuci hendaknya rendam terlebih dahulu selama kurang lebih 12 jam.
  5. Setelah itu baru Anda cuci kemudian jemur di bawah sinar matahari sampai hingga jaket Anda pun kering.

Rinso merupakan deterjen yang cukup ampuh menghilangkan noda membandel terutama pada jaket gunung. Kekuatan deterjennya yang ampuh serta aman untuk kulit, menjadikan aktifitas mencuci menjadi mengasyikkan meskipun Anda sudah beraktifitas seharian penuh sebab menghilangkan noda menggunakan Rinso sangatlah mudah. [|]

Komentar