Penyebab Hipertensi Yang Wajib Diketahui

Hipertensi atau yang biasa disebut dengan tekanan darah tinggi adalah suatu kondisi dimana tekanan darah pada dinding arteri (pembuluh darah bersih mengalami peningkatan).
Penyebab Hipertensi Yang Wajib Diketahui
Penyebab Hipertensi Yang Wajib Diketahui
Hipertensi saat ini dianggap sebagai penyakit yang mematikan sebab, ia tidak memiliki gejala yang jelas. Untuk mengetahuinya, anda harus mengukur tekanan darah anda.

Hipertensi juga dapat menyerang ibu yang sedang hamil. Karena itulah, ibu hamil harus selalu megukur tekanan daranhya dengan teratur.

Jika terdeteksi, maka hipertensi dapat diatasi sejak dini. Ada beberapa faktor yang menjadi penyebab darah tinggi, diantaranya:
  1. Usia. Seiring bertambahnya usia seseorang, maka resiko hipertensi akan meningkat
  2. Genetik. Anda yang memiliki anggota keluarga yang mengidap hipertensi, maka anda lebih beresiko terkena hipertensi ini.
  3. Merokok. Merokok tentu saja bukanlah kebiasaan baik. Kebiasaan ini dapat meningkatkan resiko terjadinya hipertensi dan menaikkan tekanan darah sekaligus mempersempit dinding arteri.
  4. Obesitas. Tubuh akan mengukur kadar oksigen dan nutrisi sesuai berat badan. Berat badan yang berlebih tentu membutuhkan oksigen lebih banyak, sehingga volume darah akan meningkat yang diikuti menginkatnya tekanan darah.
  5. Kurang bergerak. Kurang bergerak dan olahraga juga menjadi salah satu penyebab hipertensi karena seseorang yang jarang berolahraga, detak jantungnya akan lebih cepat, sehingga jantung harus bekerja lebih keras yang berakibat pada meningkatnya tekanan darah.
  6. Tingginya kadar garam dalam makanan. Tingginya kadar garam didalam tubuh dapat menyebabkan penumpukan cairan did alam tubuh, sehingga tekanan darah juga akan meningkat.
  7. Stres juga berpotensi meningkatkan tekanan darah. Hindari stress yang berlebihan ya.

Resiko mengidap hipertensi sebenarnya dapat dikurangi jika kita lebih waspada dan memperhatikan kesehatan kita.

Menerapkan pola hidup sehat dengan megkonsumsi makanan sehat dan gula rendah kalori seperti Tropicana Slim dapat anda jadikan pilihan.

Jangan lupa juga berolahraga 

Tak perlu olahraga berat. Lakukan olahraga ringan. Periksakan tekanan darah anda secara rutin untuk membantu diagnosis di tahap awal.

Hentikan kebiasaan buruk seperti merokok dan mengkonsumsi alkohol. Bahkan jika diperlukan, anda dapat menurunkan berat badan. Bagaimanapun mencegah lebih baik daripada mengobat.

Jauhi penyebab hipertensi dan lakukan pencegahan sejak dini. Jika dibiarkan saja, hipertensi dapat memicu terjadinya komplikasi yang berbahaya bagi tubuh.

Komentar