Tips Mencegah Bau Mulut Saat Sedang Berpuasa

Perut yang kosong lebih condong membuat mulut menjadi bau begitu pula saat seseorang menjalankan puasa. Ibadah puasa yang dijalankan selama seharian dari setelah sahur hingga maghrib menjadikan mulut seseorang beraroma bau taksedap.

Tips Mencegah Bau Mulut Saat Sedang Berpuasa
Tips Mencegah Bau Mulut Saat Sedang Berpuasa
Bau mulut taksedap orang yang berpuasa penyebabnya adalah beberapa bakteri yang mengubah beberapa sisa makanan menjadi gas sulfur. Di saat makan, mulut menghasilkan air liur alias saliva.

Di waktu menjalankan puasa, saliva kadarnya berkurang sebab tidak ada makanan, dampaknya bakteri akan berkembang biak secara cepat akibatnya mulut menjadi bau taksedap. Saat berpuasa otomatis perut kosong.Ini pula yang meningkatkan kadar enzim pada mulut serta lambung jadi meningkat. Tentunya hal ini perlu Tips Mencegah Bau Mulut Saat Sedang Berpuasa

Inilah Tips Mencegah Bau Mulut Saat Sedang Berpuasa:

  1. Minum air secukupnya. Air minum selama berpuasa supaya dipastikan kadarnya cukup, yaitu dengan meminum air putih sebanyak 8 hingga 10 gelas saat sahur dan berbuka. Cukupnya air minum selama menjalankan ibadah puasa mencegah bau mulut di waktu siang hari. Pasalnya, air putih mampu meningkatkan saliva (air liur) yang dihasilkan. Mulut menjadi basah dan mencegah bakteri untuk berkembang biak.
  2. Menjaga mulut dan gigi agar tetap bersih. Sempurnanya Anda di waktu menggosok gigi termasuk menggosok lidah dapat mengurangi potensi bau mulut di kala menjalankan ibadah shaum. Tujuannya guna membersihkan mulut dari partikel pembusukkan partikel makanan yang memicu bau mulut tidak sedap.
  3. Mengonsumsilah teh hijau tanpa gula di waktu bersahur serta berbuka mampu terhindar dari bau mulut taksedap. Zat polyphenol pada teh hijau bermanfaat guna membersihkan bakteri di mulut serta saluran pernafasan. Meminum teh hijau bermanfaat pula bagi pembaca yang biasa merokok, pasalnya teh hijau dapat mengurangi peradangan pada rongga dan gangguan pernafasan.
  4. Hindarilah makanan yang berpotensi memunculkan bau mulut, seperti; petai, jengkol atau durian. 
  5. Merokok bisa mengakibatkan bau mulut serta napas taksedap. Untuk itu kurangi aktifitas merokok apalagi sampai berhenti akan lebih baik lagi. Sehingga takada lagi kebiasaan merokok saat bersahur dan berbuka. Berhenti merokok Anda akan berkonstribusi besar mengurangi bau mulut di siang hari di saat berpuasa. 
  6. Gunakanlah obat kumur (mouthwash) guna menghasilkan mulut bersih dengan lebih maksimal.
  7. Gunakan benang gigi (dental Floss). untuk membersihkan sela-sela gigi dari makanan busuk yang menyebabkan bau mulut. 
  8. Berolahraga ringan dengan teratur sebelum atau sesudah berbuka puasa juga penting. Dengan berolahraga, beberapa zat beracun di dalam tubuh yang menjadi penyebab bau pada mulut akan terlepas. Anda pun dituntut untuk menghindari tidur dengan waktu terlalu lama. Pasalnya, hal ini mampu menimbulkan bau mulut. 
  9. Konsultasikan pada dokter apabila poin dari 1 hingga 8 sebagai Tips Mencegah Bau Mulut Saat Sedang Berpuasa telah dilakukan tetapi tidak berhasil. 
Demikianlah sekilas Tips Mencegah Bau Mulut Saat Sedang Berpuasa yang bisa dikerjakan. Sehingga ibadah puasa bisa dijalankan dengan penuh semangat. Selamat tinggal bau!

Comments