Tips Fitness Untuk Pemula

Tips Fitness Untuk Pemula - Saat ini bisa jadi Anda tengah bersemangat untuk mengurangi berat badan atau menjaga kesehatan tubuh. Anda pun bertekad untuk melakukan fitness dengan rutin. Spirit sedang tinggi sehingga Anda ingin berolahraga dengan keras.

Semangat besar yang dimiliki tidak salah. Namun, Anda mesti menakar kekuatan tubuh. Apalagi jika sudah lama tidak berolahraga. Anda rawan terkena cedera atau malah kelelahan ketika fitness tanpa memperhitungkan kondisi tubuh.

Menurut Everyday Health, ada beberapa tips fitness untuk pemula. Beginner seperti Anda wajib mengikutinya agar olahraga yang dilakukan berdampak optimal. Kesehatan tubuh yang diimpikan bakal tercapai.
Tips Fitness Untuk Pemula

Tips Fitness Untuk Pemula

Awali Dengan Pelan-pelan

Semangat untuk berolahraga tengah tinggi. Anda sudah membayangkan memiliki tubuh yang sehat. Namun, meski spirit yang dimiliki besar, sangat disarankan untuk mengawali olahraga dengan pelan-pelan.

Jangan memulai fitness dalam ritme dan frekuensi tinggi. Misalnya Anda terus melakukannya dalam waktu satu jam setiap hari dalam seminggu. Hal itu dapat berdampak kurang baik bagi tubuh. Anda rawan terkena cedera atau malah sudah kelelahan terlebih dulu.

Tips fitness untuk pemula yang utama ialah memulai secara gradual. Lakukan pelan-pelan sambil menambah durasi dan frekuensi seiring waktu. Anda dapat memulai fitness selama 30 menit dalam dua atau tiga hari dalam sepekan. Bisa pula hanya satu atau dua kali jika Anda benar-benar sudah lama tidak berolahraga.

Pemanasan Sebelum Peregangan

Sebelum kegiatan fitness dimulai biasanya akan diawali dengan peregangan. Hal ini tepat, namun kerap kali insiden cedera justru dialami dalam momen tersebut. Apalagi jika sebelumnya belum terbiasa untuk berolahraga.

Untuk menghindarinya, lakukan pemanasan terlebih dulu sebelum melakukan peregangan. Anda bisa menggerakkan seluruh bagian tubuh dengan pelan-pelan. Lalu, peregangan dapat mulai dilakukan.
Regangkan masing-masing bagian tubuh selama 15 detik terlebih dulu. Usahakan merata dari bagian mulai dari kaki, tangan hingga leher. Buatlah menjadi rutinitas sebelum melakukan fitness.

Lakukan Jenis Olahraga Berbeda

Anda mungkin punya target spesifik ketika melakukan fitness. Bisa jadi Anda ingin memperkuat otot-otot. Lalu Anda akan melakukan latihan beban terus-menerus.

Ternyata tindakan seperti itu kurang tepat. Everyday Health menyarankan agar Anda tetap melakukan beragam jenis olahraga berbeda. Itu diperlukan agar tidak muncul kebosanan dalam melakukan fitness.

Ada beragam varian yang dapat dilakukan. Anda dapat memilih jenis olahraga untuk fleksibilitas tubuh, daya tahan, kardio, atau aerobik. Pilih sesuka hati yang disukai agar tidak fitness tidak terasa membosankan.

Cari Tahu Cara Penggunaan Alat yang Tepat

Sebagai pemula sangat wajar jika belum mengenal beragam alat di dalam gym. Anda mesti mencari tahu semuanya. Tanyakan kepada petugas yang pasti bakal dengan senang hati membantu Anda.
Jangan sampai menggunakan alat tanpa tahu kegunaannya terlebih dulu. Hal itu berbahaya karena dapat membuat Anda cedera. Lebih baik bertanya terlebih dulu sebagai langkah antisipasi.

Selain itu, kenali kekuatan tubuh Anda. Jangan sampai memaksakan diri ketika menggunakan alat tertentu. Ambil contoh, sebagai pemula, dalam latihan beban, Anda harus menggunakan beban yang sesuai dengan kemampuan. Jangan mengambil yang terlalu berat terlebih dahulu.

Tahu Diri Kapan Harus Beristirahat

Seorang rookie dalam fitness mungkin memiliki semangat tinggi. Terkadang hal itu membuat mereka terlalu berlebihan dalam berolahraga. Akibatnya, bukannya manfaat positif yang didapat, justru hal negatif seperti cedera atau kelelahan bakal diperoleh.

Meski memiliki spirit tinggi, sebagai pemula Anda mesti mampu menahan dari. Lagi-lagi, lakukan semuanya secara gradual. Durasi, frekuensi, serta intensitas berolahraga ditambah setahan demi setahap seiring dengan waktu.

Selain itu, tidak perlu memaksakan diri. Segera beristirahat jika sudah merasa lelah. Hanya Anda yang bisa menentukan momen untuk berisirahat karena Anda yang merasakan kondisi tubuh sendiri. [w3/08_iBM]

Komentar