Pemanfaatan Ponsel Cerdas untuk Mengakses Internet

Dari portal Rappler disebutkan bahwa pengguna internet di Indonesia saat ini sudah tembus di angka 132,7 juta orang. Sedangkan jumlah penduduk di Indonesia saja sampai dengan hari ini berjumlah 256,5 juta jiwa. Ini berarti sudah lebih dari 50% penduduk Indonesia. Data ini merupakan hasil survey Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) per 24 Oktober 2016 dengan pokok persoalan Industri Internet.

Pemanfaatan Ponsel Cerdas untuk Mengakses Internet
Pemanfaatan Ponsel Cerdas untuk Mengakses Internet
Dari seluruh pengguna internet tersebut, pada umumnya (70%) mengakses menggunakan gawai atau mobile phone alias ponsel cerdas (smartphone). Dan kebiasaan pengguna internet melalui smartphone adalah mengakses berita, membuka sosial media (twitter, facebook, instagram dan lain-lain), hiburan termasuk mencari harga sebuah barang -- misalnya, mencari harga Xiaomi Redmi Note.

Adapun sosial media berbasis foto; Instagram menduduki peringkat pertama sebagai sosial media yang paling banyak diakses, disusul oleh YouTube dan Facebook. Disebutkan pula bahwa 1 dari 3 orang dalam sebuah keluarga adalah pengguna internet. Dan kota Jakarta merupakan kota yang berada di posisi pertama sebagai kota dengan penetrasi pengguna internet terbanyak.

Pemanfaatan Ponsel Cerdas untuk Mengakses Internet

Survei juga membuktikan bahwa di Jakarta rata-rata orang-orang memakai laptop atau pc desktop dan juga ponsel cerdas guna mengakses Internet. Terdapat 8 dari 10 orang mengakses internet dengan menggunakan ponsel cerdas.

Umumnya pengguna internet akan membawa dua unit ponsel saat browsing setiap harinya.Kondisi ini dipengaruhi oleh sangat banyaknya penjualan smartphone atau laptop di sebuah tempat termasuk di kota Jakarta.

Dan lamanya waktu yang digunakan oleh pemiliki mobile phone untuk mengakses internet adalah 3 jam dengan kegiatan yang bervariasi, mulai dari sekadar baca berita di portal online, memperbarui status di media sosial yang dimilikinya hingga kegiatan transaksi online.

Bicara transaksi online, 6% dari pengguna internet pernah melakukan kegiatan belanja online. Kok sedikit, ya? Ada kendala yang menjadi faktor alasan, yaitu keamanan, apalagi kegiatan jual beli online dengan kartu kredit.

Ketahuilah, di saat melakukan belanja dalam jaringan, pengguna internet memiliki selera yang variatif. Hasil survei mencatat bahwa pengguna internet sangat besar sekali minat belanjanya untuk produk yang berhubungan dengan alat komunikasi dan elektronik. Apabila diurutkan, maka peringkatnya sebagai berikut.
  1. Komputer atau Laptop,
  2. Film atau DVD,
  3. Ponsel Cerdas,
  4. Video Game Player,
  5. Software dan
  6. Tiket Pesawat.
TAHUKAH ANDA? 9 dari 10 pengguna internet memiliki akun media sosial Facebook, serta 1 dari 5 orang memiliki akun media sosial Twitter.

Pengguna Facebook - jamak yang beraktifitas online; unggah foto atau video, perbaruan status, berkomentar dan lain-lain terbagi menjadi dua bagian waktu.
  • Siang - pada pukul 11.00 hingga 14.00
  • Sore atau Malam - 18.00 hingga 21.00
Pemanfaatan ponsel cerdas ini tentu saja berhubungan dengan minat penggunanya terhadap handset yang mereka pilih. Dan berdasarkan hasil survei dari Perusahaan riset International Data Corporation (IDC), jumlah seluruh unit dari penjualan ponsel cerdas pada empat bulan pertama 2016 terdapat peningkatan angka dari 334,4 juta menjadi 334,9 juta unit. Merek ponsel cerdas yang paling banyak diplih adalah Samsung dan Apple.

Tetapi dari segi kuantiti unit yang terjual, rupanya kedua vendor raksasa mengalami penurunan, Samsung pada tahun sebelumnya berhasil menjual sebanyak 82,4 unit, Apple berhasil menjual produknya hingga 61,2 unit. Di posisi ketiga dalam pencapaian menjual ponsel cerdas ditempati oleh Huawei dengan 17,4 unit. Posisi seterusnya ada Oppo, Vivo, Lenovo dan Xiaomi.

Demikianlah sekilas informasi tentang Pemanfaatan Ponsel Cerdas untuk Mengakses Internet yang bisa ditemukan di tengah-tengah masyarakat Indonesia baik di desa ataupun perkotaan. Pembaca, Anda termasuk yang mana? [w1/11_BP]

----
Sumber rujukan : 
rappler.com/indonesia/berita/150197-pengguna-internet-indonesia-132-juta
komunitas.bukalapak.com/s/htlylv/data_fakta_pengguna_internet_di_indonesia
id.techinasia.com/data-penjualan-smartphone-idc-q1-2016

Komentar