6 Alasan Memilih Jenjang Pendidikan Terbaik

PESAN SPONSOR:
6 Alasan Memilih Jenjang Pendidikan Terbaik - Ada beberapa pilihan yang dihadapi para siswa Sekolah Menengah Atas selepas kelulusan, antara lain melanjutkan pendidikan ke universitas negeri favorit atau universitas swasta terbaik, bekerja sebagai karyawan, menjadi wirausahawan atau menikah. Sepertinya pilihan yang pertama merupakan pilihan mayoritas siswa.

6 Alasan Memilih Jenjang Pendidikan Terbaik

Mengapa mereka memilih untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi? Inilah 6 alasannya:

1. Sarana Meraih Cita-Cita

Sebagian siswa bercita-cita ingin menjadi dokter, sebagian lain ingin menjadi insiwiraunyur, atau pengajar, akuntan, arsitek, dan lain sebagainya. Cita-cita tersebut tentunya dapat dengan mudah terwujud apabila mereka melanjutkan pendidikan ke universitas yang memiliki program studi sesuai yang mereka inginkan.

2. Sarana Pengembangan Diri

Dengan mengikuti kegiatan perkuliahan serta kegiatan kemahasiswaan para mahasiswa akan dapat mengembangkan kemampuan diri mereka, baik akademis maupun non akademis.

Kecerdasan IQ dan EQ mereka akan berkembang, kemampuan analisa serta kemampuan berpikir kritis pun juga akan terasah dengan baik.

Tanggung jawab juga akan semakin besar, mengingat mereka harus memilih dan mengatur sendiri mata kuliah yang akan diambil tiap semester agar dapat lulus pada waktu yang tepat. Pengembangan diri tersebut akan sangat berguna ketika mereka terjun ke dunia kerja nantinya.

3. Meluaskan pergaulan dengan banyak karakter teman

Para mahasiswa yang berkuliah di universitas negeri maupun universitas swasta terbaik memiliki latar belakang budaya yang berbeda-beda dari penjuru Nusantara.

Hal ini tentunya sangat mengasyikkan, mengenal berbagai macam karakter yang berbeda sehingga dapat memperkaya pergaulan. Koneksi juga akan lebih luas, tentu akan sangat berguna ketika masing-masing dari mereka telah berkecimpung dalam dunia kerja.


6 Alasan Memilih Jenjang Pendidikan Terbaik

4. Dapat mengikuti praktek kerja

Secara umum, kurikulum perguruan tinggi mensyaratkan mahasiswanya untuk dapat mengikuti praktek kerja lapangan sebelum mereka dapat dinyatakan lulus.


Ini adalah peluang besar bagi mereka untuk dapat dikenal oleh instansi luar. Tidak sedikit mahasiswa yang langsung direkrut oleh perusahaan tempat mereka magang tersebut setelah lulus.

Sekalipun tidak direkrut, pengalaman magang tersebut sangat bermanfaat untuk dapat menghadapi dunia kerja sebenarnya.

5. Nama Almamater

Dengan memilih universitas negeri favorit atau univeristas swasta terbaik, dapat dikatakan bahwa para mahasiswa telah “membeli” nama almamater untuk kesuksesan mereka di masa depan. Mengapa begitu?

Sudah bukan rahasia lagi jika beberapa perusahaan besar mengutamakan karyawannya harus berasal dari universitas unggulan, dimana mereka berlandaskan pada bukti empiris dari karyawan-karyawan mereka sebelumnya dengan almamater yang sama.

6. Kemandirian finansial

Terkait dengan beberapa poin di atas, dimana orang-orang dengan gelar sarjana berpeluang besar untuk dapat dengan mudah meraih penghasilan tetap dengan nilai yang cukup tinggi.

Sebuah studi menunjukkan bahwa orang yang memiliki tingkat pendidikan yang lebih tinggi cenderung memperoleh kurang lebih 25% lebih tinggi daripada orang dengan tingkat pendidikan lebih rendah, meskipun hal ini belum dapat dijadikan sebuah pegangan baku.

Pada intinya, dengan menempuh jenjang pendidikan terbaik, baik itu di universitas negeri maupun universitas swasta terbaik, para mahasiswa akan lebih percaya diri dengan masa depannya, yaitu dapat mencapai kemandirian finansial.

6 Alasan Memilih Jenjang Pendidikan Terbaik

Itulah 6 alasan para lulusan Sekolah Menengah Atas memilih untuk meneruskan pendidikan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi dan terbaik. [w4/02_dm]
SPONSOR BLOG INI:

INGIN IKLAN ANDA DI SINI? HUB: 089627528881


IBX582992C690462