Cara Ini Jadikan AC Anda Hemat Energi

Cara Ini Jadikan AC Anda Hemat Energi - Saat musim berganti menjadi musim kemarau, penggunaan AC tentu akan jauh meningkat. Suhu udara yang lebih tinggi dari pada hari-hari biasanya akan membuat kita jadi tidak nyaman. Karena itu, saat-saat seperti ini lah AC menjadi lebih sangat dibutuhkan dibandingkan dengan hari-hari biasa.

Meskipun menjadi kebutuhan yang cukup penting dan bisa dipergunakan dalam waktu yang lama - Anda tidak perlu khawatir mengenai tagihan listrik. Atau agar Anda tenang, cobalah menyiasati agar penggunaan AC dapat dilakukan dengan hemat energi, seperti:

  1. Mode tidur

Saat malam tiba, Anda tidak memerlukan AC Anda untuk mengeluarkan udara yang sama dinginnya atau bahkan lebih dingin seperti yang Anda lakukan saat siang hari. Tentu ini karena suhu udara saat malam hari akan menurun dengan sendirinya dan tidak akan sama seperti saat siang hari.

Sehingga, saat malam hari jangan menggunakan AC dengan suhu rendah karena akan membuatnya bekerja lebih keras. Saat tidur, lebih baik jika Anda menggunakan mode tidur yang sudah menjadi fitur dari AC tersebut. Bahkan, Anda juga bisa menggunakan timer sehingga dalam jangka waktu tertentu akan otomatis ternonaktif dengan sendirinya.

  1. Jangan lupakan kipas angin

Banyak orang yang menganggap AC adalah sebagai substitusi dari kipas angin. Karena beberapa tahun yang lalu kebanyakan orang masih sering menggunakan kipas angin untuk membuat udara jadi lebih sejuk. Seiring dengan perkembangan teknologi, orang-orang mulai beralih dari kipas angin dan menggunakan AC.

Namun jangan salah, kedua benda elektronik itu bisa digunakan secara bersamaan juga karena ternyata keduanya mempunyai perannya masing-masing. Kipas angin bertugas untuk membantu mensirkulasi udara dingin yang sudah dikeluarkan oleh AC lebih cepat menyebar di dalam ruangan. Kipas angin tidak membutuhkan banyak energi dari pada AC. Peran kipas angin ini juga akan membantu kerja AC sehingga AC bekerja lebih ringan.

  1. Service AC

Ketika Anda melakukan service atau perawatan AC secara rutin, maka bagian-bagian mesin Anda akan dibersihkan sehingga dapat bekerja dengan baik. Memang tidak perlu menunggu sampai terjadi kerusakan untuk melakukan service rutin.

Hal ini adalah karena saat sedang bekerja mendinginkan ruangan, tentu debu-debu yang berasal dari udara akan ikut tersirkulasi dan lama kelamaan akan menempel pada bagian mesin AC. Ketika mesin sudah menjadi kotor, itu akan membuat AC bekerja jauh lebih keras dari biasanya.

Cara Ini Jadikan AC Anda Hemat Energi
Cara Ini Jadikan AC Anda Hemat Energi
Semakin AC tersebut bekerja keras, semakin banyak juga energi yang dibutuhkan. Karena itu, penting untuk memesan jasa service AC Jakarta Barat meskipun AC Anda masih berada dalam kondisi yang baik.

  1. Lingkungan yang tidak tepat

Ketika AC Anda sedang bekerja keras untuk mendinginkan ruangan, tetapi kadang lingkungan tidak mendukung untuk menjadi lebih dingin atau sejuk. Lampu-lampu yang menyala secara berlebihan tentu akan meningkatkan temperatur udara di ruangan tersebut, sehingga ruangan lebih sulit untuk menjadi dingin.

Selain itu, penempatan furnitur yang tidak tepat juga akan menghalangi sirkulasi udara dingin yang seharusnya terjadi. Itulah mengapa AC akan bekerja secara terus-menerus untuk menciptakan suasana yang dingin.

Jangan biarkan lampu yang sudah tidak digunakan terus menerus menyala dan bahkan kalau perlu Anda juga bisa mulai menggeser-geser furnitur yang menghalangi ruangan Anda jadi lebih dingin.

  1. Suhu yang tepat

Tak usah berlebihan menggunakan suhu yang sangat rendah, gunakanlah suhu sekitar 25◦ saja untuk mendinginkan ruangan Anda. Saat bekerja dalam suhu ini, mesin AC bekerja secara optimal dan tidak memerlukan banyak energi untuk bekerja. Justru semakin rendah suhu yang disetel, semakin berat AC akan bekerja karena terus bekerja untuk bisa mencapai suhu tersebut. [w3/06-michele]

Comments