Wow ... Xiaomi Mi Max Penjualannya Tembus 3 Juta Unit!

Bila pembaca termasuk pribadi yang menyukai ponsel Xiaomi tentunya tidak ketinggalan berita santer tentang larisnya salah satu produk mereka; Mi Max - Pemberitaan di internet menyebutkan kalau Xiaomi Mi Max penjualannya tembus hingga 3 juta unit (sejak Mei 2016).

Sumber beritanya sendiri cukup terpercaya yaitu dari Lei Jun seorang Chief Executive Officer (CEO) Xiaomi. Menyitat GSM Arena, (Ahad, 28 Mei 2017) dijelaskan bahwa angka penjualan tersebut bersamaan dengan acara pengumuman Mi Max 2.

Kehadiran Xiaomi Mi Max sudah meyedot minat konsumen semenjak dirilis ke pasar yang mana untuk shipping-nya sendiri tembus di angka 1,5 juta unit di 60 hari pertama kali dipasarkan.


Menyoal Mi Max 2, hari ini Xiaomi tengah berkonsentrasi penuh menggarap Mi Max 2 (generasi penerus Mi Max). Menurut informasi yang sudah beredar di internet, Mi Max 2 memiliki layar full HD 6,44 inci, RAM 4GB, memori internal 64GB dan 128GB, rear camera 12MP, front camera 5MP, baterai 5.300mAh serta OS-nya Android Nougat.

Xiaomi Mi Max 2 dibanderol sebesar 1.699 Yuan untuk spesifikasi RAM 4GB dan memori internal 64GB, sementara untuk varian RAM 4GB dan memori internal 128GB dipatok sebesar 1.999 Yuan. Xiaomi akan mulai memasarkan Mi Max 2 di negara asalnya, Tiongkok pada 1 Juni 2017.

Ada yang menarik dari gebrakan yang dilakukan oleh Xiaomi di setiap peluncuran produk-produknya; selalu ditunggu oleh konsumen yang begitu loyal. Apa sih kunci bisnisnya? Melansir rubrik tekno dari portal Kompas dijelaskan, bahwa pabrikan ini selalu memiliki nilai tawar dengan menawarkan spesifikasi mumpuni tetapi harganya terjangkau.

Cara memasarkan yang dilakukan oleh Xiaomi telah sukses mencapai popularitas hanya dalam tempo yang singkat sejak mulai berdiri di 2010. Sampai-sampai pabrikan ponsel ketiga terbesar di Tiongkok mengancam para pendahulu yang bermain gadget di pasar internasional.

Presiden Xiaomi, Lin Bin pernah berucap, "Dibutuhkan 4 tahun saja bagi kami untuk bertumbuh dari 100 pengguna MIUI (antarmuka Android pada perangkat Xiaomi) versi pertama melonjak hingga mencapai angka 70 juta."


Lin Bin pun mulai berbagi cerita rahasia kesuksesan Xiaomi

5 tahun yang lalu seluruh jajaran pendiri Xiaomi tengah mencari cara guna mempromosikan produknya. Mereka pun akhirnya terinspirasi oleh sebuah tayangan dari film lokal (Taiwan), lantas para pendiri pun berfoto bersama.

Tidak saja berfoto, mereka pun membubuhi tulisan promosi produk Xiaomi di bagian atas potret. Lewat provider micro blogging Weibo (Tiongkok) foto yang sudah dilengkapi dengan kata-kata promosi produk Xiaomi ini disebarluaskan.

Dalam tempo sehari saja, lewat penggunaan media sosial (Weibo), mereka merasakan keefektifan dalam meningkatkan popularitas serta penjualan Xiaomi.

"Dalam waktu kurang dari 24 jam, foto kami di-share lebih dari 2 juta kali serta dikomentari lebih dari 900 ribu kali. Saat itu 150 ribu ponsel Xiomi langsung ludes hanya dalam 10 menit!" ujar Lin Bin.

Yang hebatnya lagi, untuk melakukan ide brilian tersebut mereka tidak mengeluarkan uang sepeserpun untuk membiayai promosinya. Xiaomi membuktikan dan menyatakan kalau mereka tidak mengandalkan promo iklan konvensional, atau mengalokasikan budget marketing besar untuk memasarkan produknya.

Mereka sudah sangat optimis bahwa Xiaomi merupakan perusahaan internet. Mereka sadar kalau saat ini kultur yang paling baik adalah menjual produk melalui media sosial serta mampu menekan biaya marketing.

Untuk Indonesia sendiri, Xiaomi telah menerapkan strategi bisnis yang sama seperti saat di awal meniti kesuksesan hanya saja medium-nya mengadaptasi yang ada di sini, seperti; memanfaatkan Facebook atau Twitter.

Dalam hal pemasaran online dengan memainkan harga yang kompetitif, Xiaomi berusaha untuk konsisten bahwa penjualan 100% secara online. Pasalnya, menjual melalui toko retail ada biaya lain-lain yang menambah mahal harga jual produk. Sedangkan bila menjual secara online cukup memikirkan ongkos pengiriman saja.

Pemasaran lewat jalur online menjadi kunci utama Xiaomi mampu menawarkan produk dengan harga lebih murah daripada harga yang ditawarkan oleh kompetitor.

Bicara belanja online smartphone Xiaomi secara online, redaksi merekomendasikan kepada Anda pembaca KLIK Soreang untuk mencobanya di mall online terbesar saat ini MatahariMall - di sana ada banyak pilihan unit Xiaomi berdasarkan harga, produk terbaru atau Xiaomi yang tengah melakukan promosi diskon. Selamat berbelanja! [w4/05-bp]

Comments