Advertisement

9 Cara Ibu dalam Berperan Sebagai Penjaga Kesehatan Keluarga

9 Cara Ibu dalam Berperan Sebagai Penjaga Kesehatan Keluarga - Bicara tentang peran seorang orangtua atau ibu terdapat jamak sekali peran yang biasa dijalankannya. Sebagai seorang ibu, semua peranan yang dilakukan tidak terkira.

Sehingga dapat disimpulkan bahwa seorang ibu tidak hanya mampu berperan sebagai orang tua, atau ibu rumah tangga yang mengurus segala macam urusan rumah tangga atau keluarga. Dan pada kesempatan ini pula akan coba kita uraikan salah satu peran ibu yaitu bagaimana seorang ibu bisa memiliki cara dalam menjaga kesehatan tubuh setiap anggota keluarganya.

Bagi Anda para Ibu dalam menjaga kesehatan keluarga yang pada akhirnya kita menjadi sadar bahwa ada banyak hal yang dilakukan rata-rata setiap ibu.

9 Cara Ibu dalam Berperan Sebagai Penjaga Kesehatan Keluarga

Ada beberapa poin yang akan diuraikan dan inilah 9 Cara Ibu dalam Berperan Sebagai Penjaga Kesehatan Keluarga yang meliputi;
  1. Seorang ibu memiliki peran rutin dalam melakukan check up ke dokter sejak masa kehamilan dirinya. Tujuannya guna memantau kesehatan dirinya serta jabang bayi.
  2. Seorang ibu sudah terbiasa rutin membersihkan rumah guna menghilangkan debu-debu yang berserakan meliputi kotoran yang berpotensi menimbulkan penyakit bagi keluarga.
  3. Menjaga kebersihan dapur beserta peralatan dapur tujuannya memastikan kebersihan dapur yang mana di sana biasa dijadikan tempat memasak dan mengolah makanan untuk keluarga.
  4. Seorang ibu senantiasa berusaha menyajikan makanan sehat bagi keluarga.
  5. Ia pun terbiasa memilih bahan makanan terbaik bagi keluarga. Tujuannya agar mampu memberikan makan berbahan makanan yang baik dan bermanfaat bagi anggota keluarganya.
  6. Ibu terbiasa dalam hal pemilihan jajanan serta cemilan bagi anak.
  7. Seorang ibu akakn selalu berusaha menjalankan gaya hidup sehat di rumah, sebut saja; mengajarkan anak dengan menjelaskan bahwa mandi merupakan cara seseorang menjaga kesehatan tubuhnya, mengganti baju, mencuci tangan sebelum makan, menggosok gigi dan sebagainya.
  8. Mengajak keluarga untuk olahraga. 
  9. Seorang ibu piawai dalam membagi waktu antara menjaga waktu istirahat dan jam tidur keluarga. Dan sebagai ibu yang bijak, seorang ibua akan membuat aturan seperti; 
  • Membatasi waktu menonton TV, 
  • Bermain computer atau gadget untuk menjaga kesehatan mata dan lain sebagainya.
Begitu besar peran ibu dalam rumah tangganya, sebagai contoh; dalam menjaga kesehatan keluarga perlu diapresiasi. Nah, karena itulah  jamak terdapat artikel kesehatan tubuh dan hasil penelitian akademik.

Penemuan tersebut menjelaskan begitu besar jasa mereka yang mempertemukan antara ibu dengan kesehatan keluarga. Atas dasar kasih sayang dan cinta, pembaca akan senantiasa terus berupaya memberikan yang terbaik untuk keluarga. 

Di sinilah pentingnya pendidikan dan pengetahuan dari Ibu agar tetap dapat terus menjaga kesehatan keluarga dan dirinya.
Di samping terus memberikan perhatian dalam urusan kesehatan keluarganya, seorang ibu pun diingatkan ssupaya tidak lupa untuk menjaga kesehatan dirinya. Sebab ibu yang sehat akan berdampak pada hal yang baik, yaitu; adanya kemampuan menghasilkan keluarga yang sehat.

Apabila seluruh anggota keluarga sehat, tentunya semua anggota keluarga bisa berkontribusi positif bagi masyarakat dan lingkungan. Jadi, dari sekian banyak aspek yang berhubungan dengan peran ibu dalam keluarga, supaya memperhatikan aspek-aspek penting, seperti; pendidikan dan kesehatan.

Kesehatan keluarga serta kesehatan diri sendiri, keduanya memiliki bobot kepentingan yang sama. Prakteknya semua orang dalam keluarga akan menerapkan gaya hidup sehat, bersih, rajin berolahraga, istirahat yang cukup serta mengonsumsi makanan yang sehat yang dikerjakan dengan seimbang.  

Itulah sedikit uraian tentang 9 Cara Ibu dalam Berperan Sebagai Penjaga Kesehatan Keluarga yang baik sekali untuk diaplikasikan oleh setiap keluarga Indonesia. [w2/07-ibd] 


Sumber: Portal Sunlight

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.