Topik

Berlangganan

Artikel Pilihan

Trending

3/recent/ticker-posts

Asal Mula Penamaan Batukarut – Salah Satu Desa di Kabupaten Bandung

Posting Komentar

Asal Mula Penamaan Batukarut – Salah Satu Desa di Kabupaten Bandung.

Berikut ini artikel tentang sebuah desa dari 270 desa yang ada di Kabupaten Bandung, Batukarut – namanya. 

“Kapan Desa Batukarut Terbentuk?” Tidak ada yang tahu …

Batukarut adalah sebuah desa yang terletak di Kabupaten Bandung, sebagai bagian dari kecamatan Arjasari. Desa ini sudah ada sejak dahulu namun tidak ada satu orang pun dari masyarakat di sana yang mengetahui persis, “Kapan Desa Batukarut Terbentuk?”

Asal Mula Penamaan Batukarut – Salah Satu Desa di Kabupaten Bandung


Nama Terdiri dari 2 Kata, “Batu” dan “Karut” Apa artinya?

Batukarut adalah nama yang terdiri dari 2 kata, “Batu” dan “Karut”. Batu berarti benda alam yang keras dan Karut artinya sesuatu yang mengikat pada benda lain. Sesepuh setempat menyebutkan, syahdan Batukarut merupakan sebuah tempat yang mana di tempat tersebut terdapat sebuah batu yang berukuran besar.


Batu Karut Terletak di Tengah-tengah Pesawahan

Anehnya, batu ini tidak menyentuh tanah hanya diikat (dikarut) oleh akar secara alami hingga menyelimuti batu tersebut. Dan hingga hari ini batu tersebut ada sebagai saksi bisu dari cikal bakal nama desa Batukarut. Batu ini terletak di di tengah-tengah pesawahan milik warga, lebih tepatnya di Kp. Batukarut Girang RT.04 RW.09 Desa Batukarut.


Batukarut di Masa Lalu

Sebelum menjadi sebuah desa seperti sekarang, dahulu Batukarut masuk ke dalam wilayah kewedanaan Banjaran yang membagi wilayah Arjasari menjadi tiga desa, yaitu; Desa Batukarut, Desa Lebakwangi dan Desa Baros. Kemudian Desa Batukarut mengalami pemekaran menjadi dua desa, yaitu; Desa Batukarut dan Desa Mangunjaya.


Hari ini, Desa Batukarut memiliki luas 177,7 Ha, dan mengalami pemekaran kembali menjadi Kecamatan Pameungpeuk dengan Arjasari sebagai Kecamatannya. Dan sekarang pun Desa Batukarut masuk ke dalam wilayah Kecamatan Arjasari yang mana terdapat desa-desa hasil dimekarkan, sehingga ada 11 desa di Kecamatan Arjasari.


Seiring berputarnya waktu, hari ini Batukarut telah menjadi sebuah desa terdepan yang berada di wilayah Kecamatan Arjasari. Dan Batukarut pun kini lebih ramai dengan mayoritas penduduknya sudah semi perkotaan. Hal ini mengubah gaya hidup serta karakteristiknya warganya.


Jamak dari warga masyarakat sekitar atau penduduk dari desa ini bermata pencaharian sebagai buruh pabrik yang kini banyak yang berdiri kokoh di sana. 

Di mana Kantor Desa Batukarut?

Kantor desa Batukarut berada di Jalan Arjasari No. 106, Batukarut – Arjasari. Kecamatan Arjasari Kabupaten Bandung Provinsi Jawa Barat Kode Pos 40379

Bagikan Berita WhatsApp

BERITA TERKAIT

Posting Komentar