Topik

Berlangganan

Artikel Pilihan

Trending

3/recent/ticker-posts

5 Manfaat Mengonsumsi Madu Sarang bagi Kesehatan

Posting Komentar
Beli Madu Sarang Asli di Soreang -- Madu Sarang atau honey comb merupakan bagian dari sarang lebah berupa penampang yang terdiri dari susunan sel berpola segi enam alias hexagonal

5 Manfaat Mengonsumsi Madu Sarang bagi Kesehatan
Foto: Internet


Madu sarang disusun oleh lebah dari getah madu (propolis) dengan kadar air yang sedikit, berbeda dengan madu pada umumnya. 

Menurut Prof. Dr. Ir. Asnath Maria Fuah MS., pengajar dari IPB University menyebutkan bahwa kandungan tertinggi dalam sarang lebah adalah lilin lebah atau beeswax. Jika seseorang mengonsumsi madu besamaan dengan sarangnya akan memberikan khasiat yang baik untuk tubuh. 

Kandungan yang bermanfaat lainnya yang tidak kalah penting manfaatnya bagi kesehatan antara lain;
  1. Kalium, 
  2. Sodium, 
  3. Serat, 
  4. Protein, dan 
  5. Propolis. 
Lebih lanjut, Asnath menjelaskan bahwa lilin lebah dihasilkan dari campuran getah tanaman dan kelenjar lilin dari lebah pekerja. 

Sebagai seorang Guru Besar di Departemen Ilmu Produksi dan Teknologi Peternakan Fakultas Peternakan Institut Pertanian Bogor (IPB), Asnath menambahkan bahwa warna lilin lebah berwarna putih setelah dikeluarkan dari kelenjar tetapi perlahan menjadi kuning bahkan kecoklatan karena campuran polen dan propolis lebah.

5 Manfaat Mengonsumsi Madu Sarang bagi Kesehatan

1. Kaya akan antioksidan 

Healthline - portal kesehatan menjelaskan sarang lebah kaya akan karbohidrat serta antioksidan. Madu alami yang terkandung dalam sarang lebah mengandung nutrisi dan antioksidan yang lebih tinggi dibandingkan madu komersial. 

Antioksidan pada madu sarang mampu membantu melancarkan aliran darah dan menurunkan tekanan darah. Sehingga menurunkan risiko penggumpalan darah, serangan jantung, serta stroke. Madu alami dari sarang lebah mengandung protein, vitamin, serta mineral termasuk 95% hingga 99% gula dan air. 

Madu sarang pun mengandung enzim seperti glukosa oksidase yang memberikan elemen antimikroba dan antibakterial pada madu sebab kandungan tersebut belum melewati proses yang dijamah manusia. Unsur tersebut lazim akan hancur saat madu disaring kemudian dipanaskan yangpopuler disebut dengan proses pasteurisasi lalu menjadi madu komersial.


2. Mencegah penyakit jantung dan liver 

Madu mentah memiliki lilin lebah yang mengandung asam lemak dan alkohol yang bermanfaat bagi tubuh. Kandungan tersebut mampu menurunkan kolesterol pada tubuh. 

“Mengonsumsi sarang lebah bisa meningkatkan vitalitas, menjaga kesehatan liver, dan menurunkan kolesterol,” tutur Asnath. Hasil riset membuktikan bahwa asam lemak dan alkohol yang terkandung dalam lilin lebah mampu membantu menjaga kesehatan jantung. 


3. Melindungi dari infeksi

Faedah berikutnya bagi kita yang mengonsumsi madu sarang lebah dapat membantu tubuh melawan bakteri dan jamur penyebab infeksi -contohnya bakteri yang menyebabkan gangguan pencernaan.

4. Meredakan batuk

Madu sarang lebah dapat meredakan batuk pada anak-anak. Perlu diperhatikan bagi semua wargi supaya menghindari memberikan madu pada anak di bawah 1 (satu) tahun pasalnya akan membahayakan.

5. Membantu penderita diabetes

Madu sarang lebah dapat menjadi pilihan alternatif sebagai pengganti gula khususnya bagi penderita diabetes. Oleh karena madu berpotensi meningkatkan gula darah, penderita diabetes supaya membatasi dosis (sedikit saja). 

Beli Madu Sarang Asli di Soreang

Bagi Wargi-wargi di Kabupaten Bandung, khususnya Soreang yang berminat memesan online atau beli madu sarang asli, bisa menghubungi WA: 089651415992 (Ibu Risya).
-- 
Dapatkan Informasi Lainnya di Google News
Bagikan Berita WhatsApp

BERITA TERKAIT

Posting Komentar