Kegiatan Penyuluhan Penanganan Akses Reforma Agraria Kabupaten Bandung 2024

Penyuluhan merupakan sebuah upaya pendidikan non-formal kepada individu atau kelompok masyarakat yang dilakukan secara sistematik, terencana, dan terarah dalam usaha perubahan perilaku yang berkelanjutan demi tercapainya peningkatan produksi, pendapatan, dan perbaikan kesejahteraan.

Melalui pendekatan edukatif, penyuluhan berusaha  mengubah perilaku manusia yang dilakukan secara sistematik, terencana, dan terarah dengan peran serta aktif individu, kelompok, atau masyarakat untuk memecahkan masalah dengan memperhitungkan faktor sosial, ekonomi, dan budaya setempat.

Penyuluhan juga berfungsi untuk menyebarluaskan hal-hal yang baru agar masyarakat tertarik, berminat, dan bersedia untuk melaksanakannya dalam kehidupan sehari-hari. Maka wajar bila penyuluhan membutuhkan perencanaan yang matang, terarah, dan berkesinambungan.

Tujuan penyuluhan adalah mengubah kehidupan masyarakat menjadi lebih baik dari keadaan yang ada. Perubahan kehidupan masyarakat tersebut mencakup setiap bidang, di segala segi, dan dalam semua lapangan. 

Terdapat dua tujuan penyuluhan, yaitu tujuan jangka pendek dan tujuan jangka panjang. Tujuan jangka pendek melibatkan perubahan perilaku yang dapat terjadi dalam waktu singkat, sedangkan tujuan jangka panjang bertujuan untuk perubahan yang berkelanjutan dan berdampak jangka panjang¹.

Seperti yang sudah diselenggarakan oleh Kantor ATR BPN Kabupaten Bandung mencetak spanduk tentang Kegiatan Penyuluhan.
Kegiatan Penyuluhan Kantor ATR BPN Kabupaten Bandung
Di dalam spanduknya, tertulis infografik, "Kegiatan Penyuluhan Penanganan Akses Reforma Agraria Kabupaten Bandung 2024".

-
-
-
Dapatkan Informasi Lainnya di Google News
Kegiatan Penyuluhan Penanganan Akses Reforma Agraria Kabupaten Bandung 2024 Kegiatan Penyuluhan Penanganan Akses Reforma Agraria Kabupaten Bandung 2024 Reviewed by admin on Maret 27, 2024 Rating: 5

Tidak ada komentar:

sponsorship

Diberdayakan oleh Blogger.