Jarak dari Soreang Ke Pangalengan

Ada warganet Soreang yang bertanya, "jarak soreang ke pangalengan?". Jawabannya: 29 km atau setara dengan 1 jam 34 menit. Pangalengan terletak 40 km di selatan Kota Bandung atau sekitar 29 km dari ibu kota Kabupaten Bandung, Soreang.

jarak dari soreang ke pangalengan



Untuk bisa sampai ke Pangalengan dari Soreang, Anda bisa melewati Jalan Raya Soreang-Banjaran untuk menuju ke Jalan Raya Pangalengan. Berikut adalah rute perjalanan yang bisa Anda ikuti:

1. Mulai perjalanan dari pusat Kabupaten Bandung di Soreang.
2. Ikuti Jalan Raya Soreang-Banjaran menuju ke Jalan Raya Pangalengan.
3. Setibanya di Jalan Raya Pangalengan, ikuti terus jalan tersebut.
Mengutip pemberitaan dari Bandung Bergerak, jalanan Pangalengan pernah mengalami kerusakan, sehingga merusak pemandangan dan mengganggu.

Keindahan Pangalengan Terganggu Jalan Rusak, Warga Mengeluh

Pangalengan, salah satu destinasi wisata unggulan di Bandung Raya, kehilangan daya tariknya akibat kondisi jalan yang memprihatinkan. Masyarakat setempat mengeluhkan jalan rusak, berlubang, dan tidak rata yang tidak mendapat perhatian pemerintah. Infrastruktur ini sangat penting bagi perekonomian warga dan sektor pariwisata.

Adila Kamilia, warga Pangalengan berusia 24 tahun, menyatakan bahwa kondisi jalan sudah lama rusak parah dan banyak tambalan yang telah rusak. Menurutnya, jalan rusak ini sudah menjadi masalah sejak sebelum pandemi Covid-19.

“Sangat mengganggu pengendara, bisa merusak kendaraan dan meningkatkan frekuensi perbaikan,” keluh Adila kepada BandungBergerak.id, Sabtu, 25 Mei 2024.

Adila mengakui ada upaya pemerintah memperbaiki jalan, tetapi dinilai belum maksimal. Satu ruas jalan diperbaiki, namun ruas lainnya masih dibiarkan rusak. Warga bahkan terpaksa menambal jalan berlubang dengan potongan batu bata sebagai bentuk protes.

“Belum ada tindak lanjut yang signifikan. Jalanan benar-benar rusak dan banyak laporan dari warga,” tambahnya.

Adila menekankan, jalan rusak berpotensi menimbulkan kecelakaan, terutama saat hujan. Genangan air di jalan berlubang membuat pengendara rentan tergelincir.

“Lubang besar tidak terlihat saat terendam air, kendaraan bisa langsung jatuh,” ungkap Adila. “Kecelakaan bisa terjadi bahkan tanpa jalan rusak, apalagi dengan kondisi jalan seperti ini.”

Kondisi ini sangat mempengaruhi pariwisata Pangalengan. Wisatawan mempertimbangkan kondisi jalan sebelum mengunjungi tempat wisata, yang mengurangi daya tarik Pangalengan sebagai destinasi wisata.

“Banyak ulasan yang menanyakan kondisi jalan. Ini menunjukkan banyak orang tahu jalan di Pangalengan buruk. Orang jadi ragu untuk berwisata ke sini,” jelas Adila.

Adila memahami perbaikan jalan memerlukan waktu, namun ia mendesak pemerintah untuk melakukan perbaikan menyeluruh.

“Yang penting ada progres, jangan setengah-setengah. Perbaikan yang tidak tuntas hanya menambah masalah,” sarannya.

### Pariwisata Elite, Jalan Sulit

Pantauan BandungBergerak.id menunjukkan jalan rusak paling kentara di ruas Jalan Raya Pangalengan – Pintu, termasuk di depan Pasar Wisata Pangalengan dan Polsek Pangalengan. Kerusakan ini mudah dilihat melalui Google Street View.

Yahya, warga Pangalengan lainnya, juga mengeluhkan hal yang sama. Menurutnya, setiap pekan jalanan Pangalengan dilalui bus pariwisata dan kendaraan wisatawan. Namun, kualitas pengecoran jalan dinilai buruk.

“Beberapa tamu wisata mengeluhkan kondisi jalan, terutama saat musim hujan. Di satu sisi mengejar sektor wisata, tetapi infrastruktur jalan tidak diperbaiki,” ungkap Yahya kepada BandungBergerak.id, Minggu, 19 Mei 2024.

Yahya menyatakan, perjalanan sejauh 11 kilometer dari Pangalengan ke Pemandian Air Panas Cibolang bisa memakan waktu satu jam akibat jalan rusak.

Ia mengkritik pemerintah yang belum serius memperbaiki infrastruktur jalan, padahal sektor wisata sangat menunjang pendapatan asli daerah (PAD).

“Sudah banyak keluhan yang kurang ditanggapi. Belum ada tindak lanjut. Bahkan ada jalan yang ditambal dengan tanah. Ini tempat wisata, dekat dengan ibu kota provinsi, tetapi infrastrukturnya tidak mendukung,” tambah Yahya.
-
-
-
Dapatkan Informasi Lainnya di Google News
Jarak dari Soreang Ke Pangalengan Jarak dari Soreang Ke Pangalengan Reviewed by admin on Juni 09, 2024 Rating: 5

Tidak ada komentar:

sponsorship

Diberdayakan oleh Blogger.