Cara Mengatasi Perut Sembelit

Cara Mengatasi Perut Sembelit  - Penyebab perut sembelit pada seseorang antara lain; pola makan yang tidak sehat, semisal seringkali mengonsumsi makanan yang rendah kandungan gizi dan kurang asupan serat. dipercaya menjadi penyebab sembelit yang paling sering.

Perut Sembelit dan Mencret

Cara Mengatasi Perut Sembelit 

Konstipasi atau sembelit adalah salah satu penyebab perut mulas. Dan frekuensi BAB tiap orang pun berbeda-beda. Berdasarkan informasi dari US National Institute of Health (NIH), menyebutkan seseorang  dikatakan sembelit jika BAB kurang dari tiga kali dalam seminggu.

Sembelit tidak tergolong ke dalam sebuah penyakit akan tetapi ini merupakansebuah kondisi yang menandakan adanya masalah pada sistem pencernaan. Dan yang menjadi faktor utama penyebab sembelit adalah melambatnya gerak feses di dalam usus sehingga feses semakin lama menjadi keras.

Masalah sembelit akan berpotensi tambah parah sebabnya Wargi kurang asupan air dan makanan berserat, penyakit pencernaan tertentu, dan kebiasaan menunda BAB.atau di saat Anda mengubah pola makan secara mendadak, hal ini pun lebih memungkinkan seseorang mengalami.

Obat sembelit alami 

Obat sembelit adalah dengan makanan atau minuman sebagai obat yang mampu menggerakkan feses di dalam usus dengan mudah - atau lazim disebut dengan pencahar. Dibandingkan dengan obat pencahar di apotek yang orang meyakini dapat menimbulkan efek samping, Wargi dapat mencari obat sembelit alami.

Wargi bisa mencari makanan, minuman, dan rempah-rempah tertentu saat hendak mencari Cara Mengatasi Perut Sembeli - seperti berikut.  

1. Air putih

Kekurangan cairan dalam tubuh merupakan satu dari sekian banyak penyebab sembelit pada seseorang. Sehingga cairan tubuh tidak bisa melunakkan feses saat BAB. Karena itu dengan minum air putih dapat menjadi obat pencahar serta terbilang ampuh.

Saat feses bergerak tidak normal alias bergerak lebih lambat ketika melewati usus. Maka selanjutnya akan terjadi penyerapan cairan dari feses dengan lebih banyak. Hal ini mengakibatkan feses semakin padat dan kering akhirnya mengeras. Maka terjadilah sembelit.

Agar tidak sembelit, Wargi membutuhkan cairan dengan jumlah yang lebih banyak. Adapun salah satu sumber terbaiknya adalah air putih. Ketika kita minum air putih saat berusaha mencari Cara Mengatasi Perut Sembelit - feses akan lebih lunak dan lebih mudah melewati usus, serta merangsang pergerakan usus lebih cepat. Akhirnya permasalahan sembelit pun bisa teratasi.

2. Garam inggris (epsom)

Tidak saja berperan sebagai penyedap makanan, garam inggris atau epsom juga kerap dipergunakan sebagai obat pencahar alami. Pakar kesehatan sudah melakukan penelitian dan menyimpulkan bahwa kandungan magnesium sulfat pada garam inggris memiliki efek pencahar yang dinilai kuat.

Garam inggris (epsom) mampu merangsang pelepasan hormon pencernaan dan menarik lebih banyak cairan ke usus. Sehingga cairan ini dapat meregangkan usus dan melunakkan feses, yang akhirnya membantu penderita sembelit terbebas masalahnya.

Perlu Wargi Ketahui! Garam inggris yang dimaksud bukan garam inggris yang digunakan untuk berendam atau pupuk tanaman. Untuk itu, wargi perlu memerhatikan kemasan dengan cermat serta aman untuk diminum.

3. Buah-buahan

Obat Sembelit berikutnya yang juga dapat Anda konsumsi adalah buah-buahan - seperti pisang, apel, dan pir. Karena buah-buahan tersebut  mengandung air yang mampu meningkatkan asupan cairan tubuh Wargi.

Pisang tinggi serat dan kalium

Di dalam buah pisang terdapat kandungan serta dan kalium dalam jumlah yang banyak. Kandungan yang tinggi tersebut dapat menjadi obat sembelit saat proses melunakkan feses serta melancarkan saluran pencernaan. 

Pisang pun mengandung bakteri baik atau probiotik bernama fructooligosaccharides (FOS) yang berperan membantu meredakan gejala sembelit. 

Peran Pektin dalam Apel

Obat pencahar alami lainnya adalah buah apel. Dalam buah apel terdapat pektin dan serat yang mampu merangsang organ perut dan mengeluarkan feses. Pektin akan cepat dimakan bakteri usus dan bercampur bersama feses dalam usus. Sehingga tekstur feses menjadi lunak dan mempercepat gerakan usus.

Pir kaya serat, nutrisi dan air

Buah yang menjadi obat pencahar selain apel dan pisang, adalah buah pir. Wargi bisa menjadikan pir sebagai obat herbal sembelit. Karena buah ini kaya akan serat, nutrisi, serat air yang baik bagi sistem pencernaan.

4. Minyak jarak (castor oil)

Minyak jarak adalah minyak nabati yang berasal dari pohon jarak. Warna minyak jarak umumnya kuning dan sudah banyak tersedia di pasar swalayan maupun apotek terdekat. Selain itu, minyak jarak (castor oil) pun berguna sebagai bahan sabun, plastik.

Minyak jarak dapat menjadi obat pencahar alami karena dapat merangsang organ pencernaan dan membuat feses mudah untuk dikeluarkan. Ketika Wargi hendak mengatasi sembelit, bisa minum minyak jarak.

Saat minyak berada di dalam perut setelah seseorang meminumnya, minyak tersebut akan mendorong feses untuk keluar. Bekerja hampir mirip dengan obat pencahar stimulan, minyak jarak (castor oil) pun mampu meningkatkan gerakan usus. 

Cara menggunakan minyak jarak (castor oil) hampir sama, ketika sembelit tidak dapat diatasi dengan obat pencahar lainnya. Obat pencahar stimulan seperti minyak jarak mampu menyebabkan usus kehilangan kendali untuk melakukan gerakannya sendiri. Dan minyak jarak masuk dalam kategori obat herbal susah BAB yang aman.

Perlu diingat. Ibu hamil yang mengalami sembelit dan orang yang mengalami usus buntu serta muntah tidak dianjurkan menggunakan minyak jarak.

5. Teh

Teh herbal adalah salah satu cara mengatasi sembelit yang alami, dan dipercaya minim efek samping. Beberapa teh herbal jenis tertentu bahkan diduga bermanfaat untuk melemaskan otot usus sehingga pergerakan feses lebih lancar.

Teh senna

Teh senna yaitu teh yang berasal dari daun senna kering bernama latin Senna alexandrina. Tanaman ini mengandung senyawa glikosida yang disebut memiliki efek laksatif alami yang dapat membantu melemaskan otot-otot sistem pencernaan.

Hal ini dapat membuat feses bergerak lebih mudah di sepanjang usus hingga keluar lewat anus. Rasanya yang cukup pahit membuat teh senna perlu ditambahkan madu sebagai pemanis agar rasanya lebih bersahabat.

Teh hitam dan hijau

Tidak hanya teh senna, Anda juga bisa memanfaatkan teh hitam dan teh hijau sebagai obat pencahar alami. Pasalnya, keduanya mengandung kafein yang memiliki efek pencahar untuk merangsang gerak usus dan melancarkan BAB.

Efek pencahar ini biasanya terasa lebih nyata ketika diminum di pagi hari saat perut masih kosong. Namun, untuk Anda yang sensitif terhadap kafein sebaiknya mencari alternatif teh lainnya, seperti; peppermint, dandelion, dan chamomile.

Teh herbal memang termasuk obat pencahar alami namun hanya bisa digunakan dalam jangka waktu pendek. Minum teh herbal secara rutin dikhawatirkan memicu risiko kerusakan hati dan tidak baik untuk ibu hamil.

6. Minyak esensial

Minyak esensial memang dikenal kaya akan khasiat yang baik bagi kesehatan, termasuk sistem pencernaan Anda. Meski begitu, hanya ada beberapa jenis minyak esensial yang dapat digunakan sebagai obat sembelit alami.

Minyak jahe

Minyak dari rempah jahe biasanya banyak digunakan untuk meningkatkan fungsi sistem pencernaan dan mengurangi mual. Bahkan, minyak yang satu ini juga dapat membantu mengobati sembelit.

Hal ini mungkin dikarenakan minyak jahe dapat merangsang sistem pencernaan dengan meningkatkan pergerakan lambung dan usus.

Anda dapat meneteskan tiga hingga lima tetes minyak jahe dengan minyak kelapa atau biji anggur. Lalu, oleskan campuran minyak tersebut pada perut dan pijat perlahan.

Minyak lemon

Kandungan antioksidan dalam minyak dari buah lemon ternyata bisa dimanfaatkan sebagai obat sembelit herbal. Pasalnya, antioksidan dapat membantu kerja sistem pencernaan dan mengurangi peradangan. Sehingga sistem pencernaan akan jauh lebih baik dan dapat meredakan gejala sembelit.

Cara menggunakan minyak yang satu ini dengan mengencerkannya kemudian memijatkan ke kulit dan menghirupnya lewat diffuser. Hindari paparan sinar matahari langsung saat mengoleskan minyak lemon.

Minyak chamomile

Selain terkenal sebagai teh yang dapat menenangkan pikiran, chamomile juga bisa diolah menjadi minyak yang dapat membantu mengatasi sembelit. Minyak chamomile mampu meningkatkan gerakan usus, sehingga dapat mendorong feses keluar dan meredakan perut kembung.

Wargi dapat meracik campuran minyak chamomile dengan minyak lavender untuk mengendurkan otot-otot di area perut. Encerkan minyak chamomile dengan minyak kelapa lalu oleskan ke perut. Kemudian Wargi, pijat area perut dengan gerakan memutar searah jarum jam kemudian Wargi ulangi sebanyak tiga kali sehari.

7. Kopi

Untuk sebagian orang, minum kopi dapat memicu mulas karena mengaktifkan pergerakan otot usus. Mulas inilah yang dapat menjadi sinyal bagi Anda untuk melancarkan buang air besar.

Kopi juga mengandung sedikit serat yang dapat membantu keseimbangan bakteri usus. Di lain sisi, kopi memiliki efek diuretik yang membuat Anda lebih sering buang air kecil. Pastikan minum air putih yang cukup ketika minum kopi.

8. Suplemen psyllium

Psyllium merupakan obat pencahar yang mengandung serat alami. Psyllium dapat membantu Anda buang air besar lebih sering. Suplemen ini juga sering digunakan untuk mengobati sembelit kronis dan dapat dikombinasikan obat pencahar lainnya.

Cara menggunakannya, Wargi bisa melarutkan bubuk psyllium ke dalam segelas 250 ml cairan (bisa air atau jus buah tanpa gula). Minumlah langsung setelah dicampur, sedangkan kapsul psyllium harus ditelan utuh dengan segelas air.

Perlu Wargi perhatikan, penderita perut sembelit jangan sampai melewatkan untuk mengonsumsi makanan lain yang baik untuk pencernaan, minum air putih yang cukup, dan berolahraga ringan. Karena selain mempercepat penyembuhan, hal ini dapat mencegah sembelit kambuh kembali.

Ada baiknya Wargi berkonsultasi dahulu dengan dokter sebelum mencoba obat pencahar alami yang disebutkan di atas. Hal ini dikarenakan tubuh setiap orang dapat memicu reaksi yang berbeda tergantung pada kondisi kesehatan mereka.
-- 
Dapatkan Informasi Lainnya di Google News
Cara Mengatasi Perut Sembelit Cara Mengatasi Perut Sembelit Reviewed by admin on Oktober 21, 2022 Rating: 5

Tidak ada komentar:

sponsorship

Diberdayakan oleh Blogger.