Topik

Berlangganan

Artikel Pilihan

Trending

3/recent/ticker-posts

Mengenal Gula Aren Salah Satu Jenis Gula yang Banyak Peminatnya

Posting Komentar

Mengenal Gula Aren Salah Satu Jenis Gula yang Banyak Peminatnya - Wargi Soreang .. Tahukah Anda kalau minuman kopi gula aren -disinyalir, menempati posisi puncak yang banyak peminatnya. 

Mengenal Gula Aren Salah Satu Jenis Gula yang Banyak Peminatnya

Ada jamak kedai minuman kopi yang turut berkontribusi dengan menjadikan gula aren sebagai pemanis untuk menu es kopi susu. Pemanis yang bernama asing palm sugar ini terbuat dari nira yang ada pada tandan bunga pohon enau. 

Nira adalah cairan yang keluar dari bunga pohon keluarga palma, semisal kelapa, aren, dan siwalan. Gula aren populer sebagai gula alami mengingat di dalam pemrosesannya terbilang minim dan tidak menggunakan bahan kimia.

Caranya, nira dipanaskan agar sirupnya kental nan manis karena minim kadar air. Lalu proses selanjutnya membentuk gula hingga mengkristal. Dan pada akhirnya ada berbagai bentuk gula aren, ada yang berbentuk blok, granular (butiran-butiran kecil), serta cair.

Mengenal Gula Aren Salah Satu Jenis Gula yang Banyak Peminatnya

Menyehatkan 

Terdapat kandungan nutrisi dan gizi di dalam gula aren. Dan karena proses produksinya tanpa bahan kimia, gula aren kaya akan vitamin serta mineral - sebut saja; kalsium, fosfor, seng, besi, mangan dan tembaga.

Selain itu, terdapat juga fitonutrien seperti polifenol, flavonoid, antosianidin dan antioksidan. Gula aren pun kaya vitamin B dan inositol yang mana tubuh memerlukannya untuk pembentukan sel-sel sehat, kandungan tiamin, riboflavin, asam folat serta kolin.

Rendah Kandungan Indeks Glikemik

Untuk wargi-wargi yang mempunyai riwayat penyakit diabetes, pakar kesehatan merekomendasik agar Anda mengonsumsi makanan dengan indeks glikemik rendah. Dan hal tersebut terdapat di gula aren. 

Indeks glikemik gula aren yaitu 35, disusul posisinya oleh madu dengan indeks glikemik 55 kemudian gula pasir 68. Perlunya indeks glikemik rendah pada bahan makanan karena tubuh akan menyerap secara perlahan-lahan dampaknya mencegah lonjakan kadar insulin. 

Sebaliknya, apabila makanan atau minuman memiliki indeks glikemik yang tinggi akan lebih cepat diserap tubuh,pengaruhnya hal tersebut mampu meningkatkan kadar gula darah serta membuat pankreas melepaskan banyak insulin yang perlu penderita diabetes menghindarinya.

Bahan Dasar Masakan Tradisional 

Di Asia Selatan dan Asia Tenggara, keberadaan gula aren sebagai bahan utama dalam hidangan tradisional. Ciri khasnya makanan dengan tambahan gula aren yaitu ada rasa karamel yang ringan serta bentuk kuahnya yang menyerupai madu.

Gula aren yang bentuknya butiran, lazim memiliki rasa yang mirip dengan gula pasir. Gula aren juga menjadi bahan dasar saat membuat saus, kari dan hidangan penutup (dessert). Seperti pada makanan di Indonesia yang memakai gula aren, misalnya; kue cucur, bolu kukus, bubur sumsum hingga tahu gejrot. Gula aren pun kerap menjadi bahan pemanis di es krim, puding, pannacotta sampai es kopi susu kekinian. 

Ok. Itulah sekilas artikel Mengenal Gula Aren Salah Satu Jenis Gula yang Banyak Peminatnya - semoga mengilhami wargi-wargi semua.

Bagikan Berita WhatsApp

BERITA TERKAIT

Posting Komentar