Inilah Cara Mendaftar Mudik Bersama PLN ke Sejumlah Kota di Indonesia

Inilah Cara Mendaftar Mudik Bersama PLN ke Sejumlah Kota di Indonesia - Mudik merupakan kegiatan yang lazim dilakukan oleh perantau atau pekerja migran yang kembali ke kampung halamannya. Tradisi ini sangat identik dengan momen-momen hari raya besar keagamaan, seperti Idul Fitri, Idul Adha, Natal, Tahun Baru, dan Hari Besar Nasional.

Inilah Cara Mendaftar Mudik Bersama PLN ke Sejumlah Kota di Indonesia
(Internet)

Saat mudik, orang memiliki kesempatan untuk berkumpul dengan sanak saudara yang tersebar di perantauan dan tentunya juga sowan dengan orang tua.

TAHUKAH ANDA? Asal-usul kata “mudik” berasal dari bahasa Jawa Kuno, yaitu “muḍik”, yang berarti naik atau maju (berjalan) ke hulu atau menuju ke darat. Pada zaman dahulu, sebelum terjadi urbanisasi besar-besaran di Jakarta, masih banyak wilayah yang bernama akhir “udik” atau “ilir” (utara atau hilir). 

Contohnya seperti Meruya Udik, Meruya Ilir, Sukabumi Udik, dan Sukabumi Ilir. Para petani dan pedagang hasil bumi membawa dagangannya melalui sungai, dan dari situlah muncul istilah “milir-mudik”, yang artinya sama dengan bolak-balik.

Ada juga teori yang menyebutkan bahwa asal-usul kata “mudik” berasal dari akronim dua kata dalam bahasa Jawa, yaitu “Mulih dhisik”, yang bermakna “Pulang dahulu”. Meskipun belum dapat dipastikan kebenarannya, teori ini cukup beredar luas, terutama di kalangan masyarakat pulau Jawa.

Jadi, mudik adalah momen pulang kampung yang penuh makna dan tradisi, di mana orang-orang kembali ke akar mereka untuk merayakan momen-momen penting bersama keluarga dan orang-orang tercinta.

Inilah Cara Mendaftar Mudik Bersama PLN ke Sejumlah Kota di Indonesia

Menyoal mudik, ada berita dari Perusahaan Listrik Negara yang akan kembali menggelar Kegiatan Mudik Asyik Bersama PLN. Kali ini PLN menyediakan 6.500 tiket Mudik bersama ke sejumlah kota.

Pendaftaran akan dibuka mulai besok tanggal 16 sampai dengan 18 Maret 2024 pukul 09.00 sampai dengan16.00 WIB hanya di aplikasi PLN Mobile. Untuk mudik khusus keberangkatan Jakarta, PLN menyediakan moda transportasi Bus dan Kereta. PT PLN (Persero) membuka pendaftaran program “Mudik Asyik Bersama BUMN” untuk lebih dari 10 ribu orang yang dapat diakses mulai Sabtu, 16 Maret 2024. 

Program ini merupakan agenda rutin tahunan yang diselenggarakan oleh PLN bersama Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dengan tujuan memfasilitasi mudik menjelang Idul Fitri. Berikut beberapa informasi terkait program ini:
  • Kuota Mudik: PLN menyediakan lebih dari 6 ribu kuota mudik yang tersebar di seluruh Indonesia.
  • Transportasi Aman dan Terjangkau: Program ini membuka kesempatan bagi masyarakat untuk merayakan Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah di kampung halaman melalui penyediaan transportasi yang aman dan terjangkau.
  • Moda Transportasi: PLN menyediakan moda transportasi berupa bus, kapal laut, dan kereta api yang aman serta nyaman untuk seluruh peserta.
  • Tujuan: Program ini bertujuan untuk meningkatkan keselamatan lalu lintas terutama untuk kelompok rentan, seperti perempuan, anak, penyandang disabilitas, dan orang tua. Selain itu, program ini juga mengurangi kepadatan lalu lintas selama prosesi mudik.
  • Pendaftaran: Masyarakat yang berminat dapat mengunduh aplikasi PLN Mobile untuk melakukan pendaftaran dengan cara:
  1. Unduh aplikasi PLN Mobile.
  2. Satu akun PLN Mobile hanya bisa digunakan untuk satu kali pendaftaran.
  3. Buka aplikasi PLN Mobile dan klik banner Mudik Asyik Bersama BUMN untuk mengisi form pendaftaran.
  4. Isi data diri dengan sebenar-benarnya, sesuai Kartu Tanda Penduduk (KTP) untuk peserta individu dan Kartu Keluarga (KK) untuk peserta keluarga (maksimal 4 orang).
  5. Formulir wajib diisi oleh calon pemudik dan tidak dapat diwakilkan.
  6. Peserta wajib mentransfer uang jaminan sebesar Rp100.000 per orang, yang akan dikembalikan dalam bentuk voucher listrik senilai Rp100.000 per orang.
Jadi, bagi yang berencana mudik, program ini bisa menjadi alternatif yang menarik untuk merayakan momen Idul Fitri bersama keluarga di kampung halaman. 

#MudikAsyikPLN2024 #MudikAsyikBersamaBUMN2024 #BaktiBUMNUntukIndonesia #MudikAsyikBersamaPLN #PLNJuaraBCOMSS2024 #ListrikdiBulanBerkah2024 #PLNSiagaRamadan #PLNSiagaIdulFitri1445H
#GreenHydrogenPLN #IIMSPoweredbyPLN #SPBUHidrogenPertama #PLN #PLNUntukIndonesia #AcceleratingRenewableEnergy

🌙🏡🚌

-
-
Dapatkan Informasi Lainnya di Google News
Inilah Cara Mendaftar Mudik Bersama PLN ke Sejumlah Kota di Indonesia Inilah Cara Mendaftar Mudik Bersama PLN ke Sejumlah Kota di Indonesia Reviewed by admin on Maret 17, 2024 Rating: 5

Tidak ada komentar:

sponsorship

Diberdayakan oleh Blogger.